Yamaha NMax

Ramadan Sebentar Lagi, Persiapkan Dirimu dengan Lima Cara Ini

  Selasa, 15 Mei 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi bulan Ramadan. (Satrio Iman/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Memasuki bulan Ramadan tentu akan membuatmu semakin semangat, terutama yang menjalaninya. Apalagi salat tarawih pertama yang pasti menggembirakan lantaran masjid dipenuhi oleh umat Muslim, disusul suara azan saling bersahutan, dan gebyar makanan berbuka puasa tumpah ruah di pinggir jalan.

Iya, bulan puasa memang menyenangkan. Namun, jangan sampai kamu terlalu terlena dengan semua itu saja. Persiapkan dirimu sebaik mungkin demi menyambut bulan suci Ramadan ini.

Melansir Productive Muslim, berikut lima langkah yang patut kamu lakukan sebelum memasuki bulan puasa.

 

Langkah 1-Buat kalender hitungan mundur menuju Ramadan

Menghitung mundur bulan Ramadan akan menciptakan sensasi baru dalam pikiran dan reaksi orang sekitar. Ketika kamu dan orang lain menghitung mundur, akan terjadi percakapan seru dan pembahasan seputar Ramadan di kalangan kantor atau rumah.

Langkah 2-Cari pengetahuan tentang Ramadan

Ini akan membantu kamu melakukan hal-hal yang benar dalam menghadapi Ramadan. Cari motivasi dan berbagai kegiatan unggulan di bulan puasa supaya semakin semangat menghadapi bulan yang suci ini. Semakin banyak kamu tahu tentang keutamaan bulan Ramadan, maka semakin banyak kesempatan dan perbuatan baik yang bisa dilakukan.

Langkah 3-Buat rencana Ramadan

Jangan sampai menyesal karena bulan Ramadan ini adalah bulan ketika Allah menjanjikan pahala berkali-kali lipat dibandigkan biasanya. Misalnya, kamu menargetkan khatam seluruh isi Alquran, tarawih setiap malam, mengundang berbuka puasa kepada anak panti asuhan, atau hal-hal yang ingin kamu capai lainnya.  Mengetahui apa yang ingin kamu capai dalam sebulan akan membantu kamu tetap fokus.

Langkah 4-Bersiaplah secara rohani

Kita semua tahu bahwa Ramadan adalah tentang puasa, berdoa, membaca Alquran, dan memberi sedekah. Mulailah melakukan ini lebih awal supaya ada aba-aba atau ancang-ancang untuk penyesuaian. Mulailah melakukan doa tambahan, membaca Alquran lebih teratur, biasakan bersikap murah hati dan mengikuti sunah Nabi Muhammad.

Langkah 5-Persiapkan pikiran

Puasa adalah menahan diri lebih dari sekadar apa yang kita konsumsi dalam mulut. Mulai bersabar dengan apa yang terjadi dalam hidup, ekstra waspada dengan percakapan kamu, pastikan tidak melakukan fitnah, atau berbicara tentang hal-hal yang tidak berguna.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar