Yamaha NMax

Bom PD II Ditemukan di Hong Kong, 1.200 Warga Dievakuasi

  Jumat, 11 Mei 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi Perang Dunia II. (Wikipedia)

HONG KONG, AYOBANDUNG.COM—Ratusan orang dievakuasi setelah sebuah bom Perang Dunia II ditemukan di sebuah lokasi konstruksi Hong Kong, Jumat (11/5/2018).

Melansir Rappler, polisi mengepung jalan dan mengevakuasi 1.200 orang dari sejumlah toko, restoran, dan gedung perkantoran yang berada di distrik bisnis Wanchai. Para ahli berusaha untuk menggali dan meredakan bom buatan AS seberat 4.500 kilogram.

Bom tersebut tidak aktif selama lebih dari 70 tahun. Bom tersebut serupa dengan dua bom lain yang ditemukan di kawasan tersebut pada Januari lalu.

“Dua bom sebelumnya ditempatkan secara horizontal dan yang satu ini vertikal. Dua per tiga dari bom sebenarnya terkubur di bawah tanah, kami harus menggali setidaknya sebagian dari objek,” ujar petugas pembuangan bom, Lai Ngo-yau. Para petugas perlu melakukannya dengan hati-hati lantaran bom tersebut tidak stabil.

Sejarawan lokal, Jason Wordie, mengatakan bahwa Hong Kong dibom berat oleh AS pada 1941 silam, tepatnya pada awal kampanye Perang Pasifik. “Yang mereka (AS) tuju adalah dermaga komersial di seberang pelabuhan,” katanya.

Reklamasi lahan untuk memperluas pantai Hong Kong dalam beberapa dekade setelah perang memunculkan sejumlah bom yang jatuh di pelabuhan.

Pada tahun 2016 lalu, seorang pejalan kaki menemukan enam granat era Perang Dunia II yang belum meledak dan dua cangkang mortar di jalan setapak dekat kawasan Happy Valley.

Sementara pada tahun 2014, polisi menjinakkan bom masa perang dengan berat hampir satu ton. Bom itu disebut-sebut sebagai bom terbesar yang pernah ditemukan di Hong Kong.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar