Yamaha Mio S

Ini Profil 12 Stadion di Piala Dunia 2018

  Jumat, 11 Mei 2018   Arditya Pramono
Stadion Luzhniki tempat berlangsung partai pembuka dan final Piala Dunia 2018. (FIFA)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Piala Dunia 2018 yang diikuti oleh 32 negara akan mempertandingkan 64 laga. Laga tersebut digelar di 12 stadion di 11 kota berbeda. 

Partai pembuka antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi akan digelar pada 14 Juni 2018 di Luzhniki Stadium, begitu juga partai final akan digelar di stadion yang sama pada 15 Juli 2018.

Dari 12 stadion, Luzhniki dan Saint Petersburg Stadium adalah yang paling besar dan paling sering digunakan, yaitu sebanyak tujuh kali. Sementara stadion Sochi, Kazan, Nizhny Novogrod, dan Samara menggelar enam laga. Stadion lainnya, yakni Otkrytiye Stadium dan Rostov hanya menggelar lima laga. 

Sisanya Volgograd, Kaliningrad, Yekaterinburg, dan Saransk hanya digunakan untuk pertandingan babak penyisihan, yaitu sebanyak empat laga. 

Berikut adalah profil 12 stadion Piala Dunia 2018 selengkapnya.

Foto Ayofoto.

1. Stadion Luzhniki di Moskow
Berkapasitas 80 ribu penonton, stadion Luzhniki menjadi stadion kebanggaan Rusia untuk Piala Dunia 2018. Dibangun pada tahun 1956, stadion ini memiliki sejarah yang panjang dan terkenal sebagai tempat berlangsungnya pertandingan sepak bola bergengsi. Contohnya seperti Final Liga Champions 2008 antara Manchester United dan Chelsea. 

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Rusia vs Arab Saudi (14 Juni); Jerman vs Meksiko (17 Juni); Portugal vs Moroko (20 Juni); Denmark vs Perancis (26 Juni); Babak 16 besar (1 Juli); Semifinal (11 Juli) dan Final (15 Juli). 

 

Foto Ayofoto.

2. Stadion Otkritie di Moskow
Berkapasitas 45.360 penonton, stadion ini memiliki patung Spartakus di bagian depannya. Stadion Otkritie merupakan rumah dari klub sepak bola Spartak Moskwa. Karena merupakan stadium sebuah klub bola, stadion ini punya jalur transportasi tersendiri yang dapat membawa penumpang dengan cepat ke pusat kota. 

Di stadion ini, sejumlah pertandingan di Piala Dunia akan digelar, yaitu Argentina vs Islandia (16 Juni); Polandia vs Senegal (19 Juni); Belgia vs Tunisia (23 Juni); Brasil v Serbia (27 Juni) dan Babak 16 besar (3 Juli).

 

Foto Ayofoto.

3. Stadion Nizhny Novgorod di Nizhny Novgorod
Berkapasitas 44.899 penonton, stadion ini digadang-gadang sebagai stadion dengan penampilan bangunan paling keren di antara stadion lainya di Piala Dunia 2018.

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Swedia vs Korea Selatan (18 Juni); Argentina vs Kroasia (21 Juni); Inggris vs Panama  (24 Juni); Swiss vs Kosta Rika (27 Juni); Babak 16 besar (1 Juli) dan Babak Perempat Final (6 Juli).

 

Foto Ayofoto.

4. Stadion Mordovia Arena di Saransk
Berkapasitas 44.442 penonton, stadion ini terletak di salah satu kota terkecil tuan rumah pertandingan Piala Dunia, Kota Saransk. Bangunan Stadion Mordovia Arena tidak begitu megah, tetapi eksteriornya berwarna cerah yang instagramable

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Peru vs Denmark (16 Juni); Kolombia vs Jepang (19 Juni); Iran vs Portugal (25 Juni) dan Panama vs Tunisia (28 Juni).

 

Foto Ayofoto.

5. Stadion Kazan Arena di Kazan
Berkapasitas 45.379 penonton, stadion ini didesain oleh Populous, perusahaan yang mendesain juga Stadion Wembley dan Emirates. 

Kazan Arena adalah rumah bagi Klub Sepak Bola Rubin Kazan. 

Stadion Kazan adalah stadion modern karena memiliki konstruksi kekinian. Sebelum Piala Dunia 2018, di stadion ini telah diadakan turnamen sepak bola, atletik, serta Kejuaraan Dunia Akuatik 2015. Saat itu, lapangan sepak bola digantikan oleh kolam renang.

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Prancis vs Australia (16 Juni); Iran vs Spanyol (20 Juni); Polandia vs Kolombia (24 Juni); Korea Selatan vs Jerman (27 Juni); Babak 16 Besar (30 Juni) dan Babak Perempat Final (6 Juli).

 

Foto Ayofoto.

6. Stadion Samara Arena di Samara
Berkapasitas 44.807 penonton, stadion Samara pernah menjadi rumah bagi program luar angkasa Rusia. Stadion ini memiliki kubah setinggi 65 meter. Ketika kubah tersebut dibuka, pemandangan spektakuler akan terlihat. 

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Kosta Rika vs Serbia (17 Juni); Denmark vs Australia (21 Juni); Uruguay v Rusia (25 Juni); Senegal v Kolombia (28 Juni); Babak 16 Besar (2 Juli); dan Babak Perempat Final (7 Juli).

 

Foto Ayofoto.

7. Stadion Central (Ekaterinburg) di Yekaterinburg
Berkapasitas 35.696 penonton, aspek utama yang menjadi catatan penting di Ekaterinburg adalah tribun sementara yang berada di belakang setiap gawang. FIFA memperkenalkan sistem tribun sementara itu untuk memastikan stadion ini memiliki minimum di atas 35.000 tribun yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk menjadi stadion Piala Dunia 2018. 

Usai gelaran Piala Dunia 2018, stadion ini akan menjadi rumah bagi klub sepak bola Ural, tim papan tengah di Liga Premier Rusia.

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar yaitu Mesir vs Uruguay (15 Juni); Perancis vs Peru (21 Juni); Jepang vs Senegal (24 Juni); dan Meksiko vs Swedia (27 Juni).

 

Foto Ayofoto.

8. Stadion Krestovsky di Saint Petersburg
Di balik kapasitas 64.287 penonton, dibutuhkan waktu satu dekade untuk membangun stadion ini dengan biaya besar. Pembangunan stadion ini juga terbilang kontroversial. Banyak tuduhan yang mengatakan ada 110 orang Korea Utara bekerja di sana dalam kondisi yang mengerikan.

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Moroko vs Iran (15 Juni); Rusia vs Mesir (19 Juni); Brasil v Kosta Rika (22 Juni); Nigeria v Argentina (26 Juni); Babak 16 Besar (3 Juli); Semifinal (10 Juli); Pertandingan Penentuan Juara ke-III (14 Juli).

 

Foto Ayofoto.

9. Stadion Kaliningrad di Kaliningrad
Berkapasitas 35.212 penonton, awalnya stadion ini dirancang agar terlihat seperti Allianz Arena. Namun, pembangunan stadion Kaliningrad memiliki masalah keuangan sejak awal. 

Perusahaan yang menyusun rencana pembangunan stadion tersebut bangkrut, sehingga stadion diubah untuk memiliki kapasitas yang lebih sedikit dengan desain bangunan yang lebih murah. 

Setelah turnamen Piala Dunia 2018, Stadion Kaliningrad akan menjadi rumah bagi Baltika Kaliningrad, tim lokal yang belum pernah berada di posisi papan atas Rusia selama bertahun-tahun.

Di stadion ini, sejumlah pertandingan di Piala Dunia akan digelar, yaitu Kroasia vs Nigeria (16 Juni); Serbia v Swiss (22 Juni); Spanyol vs Moroko (25 Juni) dan Inggris vs Belgia (28 Juni).

 

Foto Ayofoto.

10. Stadion Volgograd Arena di Volgograd
Berkapasitas 45.568 penonton, pada tahun 2014, stadion ini diperiksa secara mendalam oleh pihak berwajib untuk menemukan sejumlah persenjataan bekas Pertempuran Stalingrad yang belum meledak. 

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Tunisia vs Inggris (18 Juni); Nigeria vs Islandia (22 Juni); Arab Saudi vs Mesir (25 Juni); dan Jepang vs Polandia (28 Juni).

 

Foto Ayofoto.

11. Stadion Rostov Arena di Rostov-on-Don
Berkapasitas 45.145 penonton, stadion ini dibangun berdampingan dengan Sungai Don. Uniknya, Rostov Arena memiliki atap yang menyerupai lekukan Sungai Don. 

Klub Sepak Bola Rostov akan memiliki stadion tersebut setelah turnamen Piala Dunia 2018 berakhir.

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Brasil vs Swiss (17 Juni); Uruguay vs Arabi Saudi (20 Juni); Korea Selatan vs Meksiko (23 Juni); Islandia vs Kroasia (26 Juni) dan babak 16 besar (2 Juli).

 

Foto Ayofoto.

12.  Stadion Fisht Olympic di Sochi
Berkapasitas 47.659 penonton, stadion Fisht sebelumnya sengaja dibangun untuk Olimpiade Musim Dingin 2014 dan Paralimpiade. Stadion ini terletak 29 kilometer di luar Kota Sochi. 

Stadion Fisht Olympic sempat mengeluarkan biaya tinggi untuk pemindahan atapnya dalam mengikuti regulasi FIFA. 

Di stadion ini, sejumlah pertandingan Piala Dunia akan digelar, yaitu Portugal vs Spanyol (15 Juni); Belgia vs Panama (18 Juni); Jerman v s Swedia (23 Juni); Australia vs Peru (26 Juni); Babak 16 Besar (30 Juni); dan Babak Perempat Final (7 Juli). 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar