Yamaha Lexi

Dihantui Skandal Seks, Nobel Sastra Tahun Ini Dibatalkan

  Sabtu, 05 Mei 2018   Hengky Sulaksono
Ilustrasi. (Antara)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Dibumbui pertikaian dan pengunduran diri para anggota menyusul dugaan skandal seksual, malapraktik keuangan, dan kebocoran berulang, Akademi Swedia yang merupakan badan penyelenggara ajang prestisius tersebut mengatakan jika mereka tidak akan memberikan hadiah Nobel pada tahun ini.

Untuk pertama kalinya sejak 1949, para juri rahasia yang menyerahkan hadiah sastra paling bergengsi di dunia tersebut tidak akan mengungkap pemenang nobel musim gugur ini. Alih-alih, Akademi mengungkapkan bakal memberikan anugarah sastra pada dua pemenang tahun 2019 mendatang.

"Keputusan saat ini tiba sebagai pandangan akademi di tengah berkurangnya anggota dan kepercayaan publik terhadap akademi," tulis Akademi Swedia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip The Guardian, Sabtu (5/5/2018).

"Kami merasa perlu untuk meluangkan waktu untuk memulihkan kepercayaan publik ... sebelum pemenang berikutnya dapat diumumkan," kata sekretaris permanen sementara Anders Olsson. "Ini untuk menghormati para penerima sastera sebelumnya dan masa depan, Yayasan Nobel, dan masyarakat umum."

Pangkal krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dipicu banyaknya tuduhan yang ditunjukkan terhadap Jean-Claude Arnault, seorang fotografer dan tokoh budaya terkemuka di Swedia, yang menikah dengan Katarina Frostenson, seorang anggota Akademi dan penulis.

November lalu, surat kabar Swedia Dagens Nyheter menerbitkan tuduhan terperinci dugaan pelecehan seksual atas nama Arnault. Tuduhan ini dilayangkan oleh 18 wanita yang menyebut Arnault melakukan pelecehan seksual dan kekerasan fisik selama lebih dari 20 tahun, di Prancis  Swedia dan termasuk di properti milik akademi.

Selama bertahun-tahun, Arnault dan Frostenson menjalankan Forum, sebuah klub di Stockholm yang menggelar pameran, bacaan, dan pertunjukan oleh tokoh-tokoh budaya terkemuka, termasuk penerima hadiah Nobel. Saat ini, Forum yang mendapatkan pendanaan dari Akademi Swedia ini telah ditutup.

Ketika skandal menguat, Dagens Nyheter juga melaporkan, penyelidikan internal oleh Akademi telah menyimpulkan Arnault mungkin telah membocorkan nama-nama tujuh penerima Nobel sastra di sebelum secara resmi diummumkan. Nama-nama yang dibocorkan termasuk di antaranya Bob Dylan di 2016 dan Harold Pinter pada tahun 2005.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar