Yamaha NMax

4 Hal Sepele Sehari-Hari yang Jadi Gajala Depresi

  Jumat, 04 Mei 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Depresi selalu terlihat sebagai kesedihan yang melemahkan. Biasanya pasien enggan mempertimbangkan depresi sebagai penyebab gejalan sakit lantaran mereka tak ingin terlihat lemah. Padahal, hal tersebut jelas perlu ditangani dengan sebuah keterbukaan dan kejujuran.

Ada beberapa gejalan depresi yang seringkali kita abaikan. Melansir Prevention, berikut beberapa gejala yang bisa kamu perhatikan.

 

Kamu dalam Rasa Sakit

Dalam sebuah penelitian di Kanada yang diterbitkan dalam Pain Journal, orang-orang dengan depresi empat kali lebih mungkin mengalami nyeri leher dan punggung bawah yang intens daripada mereka yang tidak. Perhatikan juga tanda-tanda lain seperti sakit perut dan sakit kepala. Sebuah studi tahun 2008 di Archives of General Psychiatry menemukan bahwa ketika orang yang tidak bahagia mengantisipasi rasa sakit, aktivitas otak mereka menunjukkan lebih banyak emosi sehingga mereka kurang mampu menangani rasa sakit.

Masalah Berat Badan

Meskipun makanan yang menenangkan dapat meningkatkan kadar serotonin kimia otak yang meningkatkan suasana hati, makan pada saat emosional dapat menyebabkan kenaikan berat badan, perasaan bersalah, dan malu.

Sebuah studi baru dalam Obesity Journal menegaskan, tingkat stres dan depresi yang tinggi membuatnya sulit untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, beberapa orang mungkin kehilangan berat badan, karena depresi juga membuat seseorang berhenti makan.

Mudah Marah

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam JAMA Psychiatry Journal, 54% orang dengan depresi melaporkan merasa kerap bermusuhan, pemarah dan  argumentatif. Akibatnya, orang-orang sekitar akan menjauhi untuk menghindari masalah baru yang timbul.

Mati Rasa

Sebagian besar dari kita memiliki motivasi yang membuat kita bangun dari tempat tidur di pagi hari, apakah itu bekerja, berolahraga, bersosialisasi atau membuat sarapan. Namun, bagi penderita depresi, motivasi itu mendadak kosong.

Perilaku zombie semacam ini adalah ciri penyakit mental, dan itu bisa membuat orang tampak dingin, jauh dan menyendiri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar