Yamaha NMax

Pemkot Bandung Bakal Gelar Creative Craft Market

  Jumat, 04 Mei 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Menjawab. (Eneng Reni/ayobandung)

JALAN ACEH, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Bandung bakal menggelar Little Bandung Creative Craft Market di Bandung Electronic Center, 10-13 Mei mendatang. Acara ini digagas untuk menjadi ajang promosi berbagai produk dari seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kota Bandung, Eric M. Attaurik mengatakan, ajang ini hanya akan memamerkan produk bermutu dan telah lolos kurasi tim Little Bandung. Kriteria tersebut di antaranya desain material dan keterjangkauan produk. Selain itu, produk tersebut harus bisa merepresentasikan khas Kota Kembang.

“Produk yang ditampilkan harus menjadi ikon Kota Bandung. Produk-produk hasil kurasi juga akan mendapat lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah pendampingan,” jelas Eric dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah Balai Kota Bandung, Kamis (3/5/2018).

Saat ini, telah ada 150 produk yang masuk ke dalam katalog Little Bandung. Sementara itu, masih ada 6.000 produk yang masih dalam tahap pembinaan. Bukan hanya itu, Disdagin pun terus memberikan pendampingan menyeluruh, mulai dari desain kemasan, sertifikasi halal, hingga pembuatan hak cipta kepada para pelaku UMKM.

“Produk harus melalui proses peningkatan produk agar lolos kurasi, baru bisa masuk ke katalog. Jika yang baru-baru, kami ikut sertakan pada kompetisi nasional, seperti kemarin di Inacraft di Jakarta,” imbuh Eric.

Eric menambahkan, Little Bandung tengah berusaha untuk menambah jumlah gerai di luar negeri. Saat ini, Little Bandung telah hadir di Malaysia, Sydney, dan Korea Selatan. Pihaknya sedang finalisasi untuk membuka gerai di Amerika Latin.

Produk-produk Kota Bandung dipasarkan dalam berbagai metode. Strategi yang paling umum adalah Little Bandung Store dengan membuka toko khusus Little Bandung. Ada pula Little Bandung Wall yang memajang produk di salah satu dinding restoran lokal di luar negeri. “Ada juga Little Bandung Mobile. Kalau itu bentuknya pameran, 3-5 hari. Ada juga yang sampai 30 hari,” tambah Eric.

Seperti diketahui, Little Bandung telah menjadi gebrakan Pemkot Bandung dalam memasarkan produk-produk Kota Kembang ke mancanegara. Melalui berbagai strategi, kini Little Bandung terus menjaring kembali karya-karya terbaik warga Kota Bandung.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar