Yamaha NMax

Puncak Peringatan KAA, Ribuan Peserta Ikuti Karnaval Asia Afrika

  Sabtu, 28 April 2018   Fathia Uqim
Salah seorang peserta Karnaval Asia Afrika di Bandung, Sabtu (28/4). (Fathia Uqim/ayobandung)

JALAN ASIA-AFRIKA, AYOBANDUNG.COM--Asian African Carnaval 2018 menjadi puncak peringatan Konferensi Asia Afrika yang digelar di Jalan Asia Afrika dan sekitarnya. Acara yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB itu dimeriahkan oleh 2867 peserta. Gebyar tersebut akan dilanjutkan dengan acara car free night yang mengakibatkan penutupan Jalan Asia Afrika sampai pukul 23.00 WIB nanti. 

Peserta karnaval tidak hanya berasal dari Kota Bandung, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Ada 15 daerah yang berpartisipasi, seperti Aceh, Jambi, Lamandau, Manado, Nias, Subang, Ciamis, Majalengka hingga Banjarmasin. Sebanyak 15 negara dari Asia dan Afrika juga akan memeriahkan ajang tahunan itu.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Yayan A. Brillyana, mengatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Bandung menggelorakan semangat Konferensi Asia Afrika. Semangat persatuan, kemerdekaan, dan perdamaian yang digelorakan ke seluruh penjuru dunia bakal terpancar dari perayaan ini.

“Acara ini menguatkan posisi Kota Bandung sebagai ibu kota Asia Afrika. Bandung adalah kota dunia yang menyimpan sejarah amat penting. Karena konferensi itu, puluhan negara-negara di Asia dan Afrika terinspirasi untuk memperjuangkan kemerdekaan mereka,” ujar Yayan, Sabtu (28/4/2018). 

Yayan mengimbau warga Bandung dan wisatawan untuk tetap menjaga ketertiban dan kebersihan Kota Bandung. Mengingat meriahnya acara ini, jangan sampai tidak mencerminkan perilaku yang tidak beradab.

“Jangan buang sampah sembarangan, itu yang terpenting. Kami berharap semua warga Bandung dan wisatawan bisa semakin dewasa dalam berperilaku,” kata Yayan.  

Karnaval  akan melalui rute sepanjang 1,2 kilometer. Iring-iringan peserta berjalan melalui Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Barat, Jalan Naripan, Jalan Tamblong, dan kembali ke Jalan Asia Afrika.

Tak hanya itu, kemeriahan akan dilanjutkan keesokan harinya dengan ajang Unity Run. Ajang lomba lari ini bakal dimulai pada pukul 05.00 WIB dengan panjang lintasan 6,3 kilometer. Oleh karenanya, sejak pukul 04.00 WIB, Jalan Asia Afrika akan ditutup hingga pukul 12.00 WIB.

Salah satu pengunjung asal Bale Endah, Kabupaten Bandung, Anton Gitono (31) sengaja datang ke Karnaval Asia Afrika hanya untuk memenuhi keinginan anaknya. "Ramai, sih, sama seperti tahun lalu," katanya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar