Yamaha NMax

Arab Saudi Ingin Lepas dari Predikat Tim Penggembira

  Kamis, 26 April 2018   Andres Fatubun

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Saudi Arabia lolos ke Piala Dunia 2018 setelah absen selama delapan tahun. Terakhir kalinya Tim Elang Hijau ini berpartisipasi di piala dunia adalah di Jerman pada tahun 2006. Kala itu Arab Saudi hanya menjadi penggembira karena berada di urutan buncit babak penyisihan grup.

Sepanjang perhelatan Piala Dunia sejak 1930 atau sudah 21 kali, Arab Saudi baru berpartisipasi sebanyak lima kali. Prestasi terbaiknya adalah lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 1994.

Partisipasi Arab Saudi di Piala Dunia 2018 dilalui dengan babak belur. Sejak babak kualifikasi dimulai pada September 2016, hingga akhirnya lolos, Arab Saudi dibesut oleh tiga pelatih. Pertama Bert Van Marwijk. Pria asal Belanda tersebut dipecat setahun kemudian. Penggantinya Edgardo Bauza hanya bertahan dua bulan. Pelatih selanjutnya adalah Juan Antonio Pizzi. Pelatih asal Cile ini akan bertanggung jawab untuk meloloskan Arab Saudi dari Grup A yang dihuni oleh tim yang lebih kuat yaitu Rusia, Mesir, dan Uruguay.

AYO BACA : Rusia Berharap Berkat Kala Jadi Tuan Rumah

Arab Saudi akan memulai pertandingan di Piala Dunia melawan Rusia pada 14 Juni. Selanjutnya melawan Uruguay pada 20 Juni dan terakhir menghadapi Mesir lima hari kemudian.

Juan Antonio Pizzi akan mengandalkan striker Nawaf Al Abed untuk menjebol gawang lawan. Al Abed yang bermain untuk Al Hilal akan didukung oleh winger muda Fahad Al Muwallad yang bermain untuk tim Spanyol, Levante.

Sementara pemain veteran Osama Hawsawi yang bermain sebagai jangkar pertahanan akan memimpin timnya. Sejumlah debutan juga akan dimainkan oleh Pizzi seperti bek kanan Mohammed Al Burayk yang berusia 25 tahun. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar