Yamaha Mio S

Ipok, Kopi Es Batu yang Bisa Dibawa ke Mana Saja

  Rabu, 25 April 2018   Fathia Uqim
Kopi Ipok. (Instagram @razaqaazka)

REGOL, AYOBANDUNG.COM—Muncul lagi inovasi anyar di dunia kuliner Kota Kembang. Ada Ipok, si kopi es batu portabel. Kamu tak perlu khawatir kopi itu akan tumpah atau berceceran ke mana-mana.

Sesungguhnya, Ipok adalah usaha kopi susu rumahan yang memikirkan padatnya mobilitas manusia di zaman kiwari. Toples menjadi solusi agar es kopi susu mudah dibawa dan tidak tumpah. Apalagi bagi pegawai kerja lapangan, tak perlu pusing kalau rasa ingin menyeruput kopi mendadak muncul di tengah waktu kerja.

“Pakai toples supaya mudah dibawa ke mana-mana. Jadi tidak mudah tumpah dan penyek,” kata Azka Razaqa (23), sang empunya Ipok kepada ayobandung.com saat ditemui di rumah produksinya, Jalan Sribentang, Regol, Bandung, Selasa (24/4/2018).

Azka menggunakan kopi Aroma sebagai bahan dasar minuman asyik ini. Dia menyeduh kopi aroma, yang kemudian dimasukkan ke dalam cetakan es batu. Usai membeku, kopi es batu ini dituangkan ke dalam toples berukuran kecil dan sedang.

Setelah toples penuh dengan kopi es baru, Azqa kemudian menuangkan susu murni dari Lembang ke dalamnya. Lantas, kopi es batu pun perlahan melebur dengan susu murni.

“Awalnya buat mata kuliah wirausaha adik saja di kampus. Ternyata peminatnya cukup banyak,” kata Azka. Laki-laki pencinta kopi ini membuat inovasi baru supaya es kopi susu tidak mudah hangat. Dengan cara membuat kopi es baru, rasa dingin akan bertahan lebih lama.

Azka membuat dua varian kopi es batu yang dia beri nama Ipok. Ada toples berukuran kecil dan sedang yang harganya tetap dibanderol  Rp10.000 saja. Namun, Ipok ukuran kecil dikhususkan buat kamu para pencinta kopi beraroma kuat. Soalnya, kadar susu dalam toples ukuran kecil lebih sedikit ketimbang toples ukuran besar.

Meski usaha yang dilakukan Azka ini berawal dari kewajiban mata kuliah adiknya, kini Azka mulai serius menjadikan usaha Ipok untuk jangka panjang. Sampai saat ini, Ipok Kopi Es Batu dapat dinikmati langsung di rumah produksinya Jalan Sribentang  atau pemesanan langsung melalui Instagram @razaqaazka.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar