Yamaha Mio S

BIJB Siap Digunakan untuk Mudik

  Senin, 16 April 2018   Dadi Haryadi
BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. (Antara)

JALAN DIPONEGORO--Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati siap digunakan mudik lebaran tahun ini untuk lima kota tujuan, yakni Medan-Kertajati, Makassar-Kertajati, Balikpapan-Kertajati, Denpasar-Kertajati, dan Surabaya-Kertajati.

"Kertajati kita siapkan perintah Pak Menteri (Perhubungan), ya sudah bisa, di kalibrasi sudah. Jadi, Kertajati akan dicoba mudik lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, di Gedung Sate, Senin (16/4/2018).

Dia menjelaskan, cukup banyak maskapai yang akan melayani penerbangan dari dan menuju BIJB. Beberapa di antaranya adalah Garuda Indonesia, Citylink, Sriwijaya Air, dan Lion Group.

Lebih lanjut Dedi juga memastikan, hingga akhir Mei 2018 ini kesiapan bandara dari sisi terminal sudah selesai, juga akses bandara dari sisi non-tol sudah bisa digunakan. 

"Kalau soft launching nanti lah, di bulan Mei ini kita historical flight 'kan. Nanti diharapkan untuk haji pun bisa diberangkatkan," katanya.

Untuk diketahui, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dipastikan bisa digunakan untuk arus mudik lebaran tahun ini. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merencanakan awal Juni, Bandara Kertajati bisa diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menhub, Budi Karya Sumadi mengatakan, rencananya bandara baru ini akan mulai dioperasikan Juni tahun ini. Dia pun terus mendorong percepatan penyelesaian pembangunan bandara internasional di Jawa Barat itu. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar