Yamaha Aerox

Aher: Jangan Buang Sampah Sembarangan di Geopark Ciletuh!

  Minggu, 15 April 2018   Dadi Haryadi
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Ciletuh, Minggu

PANTAI PALANGPANG, AYOBANDUNG.COM--Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku geram karena masih banyak sampah di kawasan Geopark Ciletuh.

Dia pun meminta masyarakat untuk peduli dan aktif menjaga kebersihan demi kenyamanan wisatawan.


"Harus ada komitmen bersama untuk tidak buang sampah sembarangan," ujarnya pada acara Geopark Ciletuh Fun Day di Pantai Palangpang, Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Minggu (15/4/2018).

Dia menilai membuang sampah pada tempatnya merupakan tindakan sangat sederhana dan bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Akan tetapi, kesadaran masyarakat masih rendah untuk sekadar mengumpulkan sisa makanan/minuman maupun pembungkusnya di tempat sampah.

"Kita semua sudah diajari membuang sampah pada tempatnya sejak SD, SMP, SMA hingga kuliah. Apa sulitnya sih," ucap Aher.

Menurutnya, Geopark Ciletuh yang sudah ditetapkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG) harus dijaga dengan baik agar tetap indah dan tertata. Pasalnya, kawasan ini sudah punya modal berharga karena kaya kekayaan geologi, hayati, dan budaya.

Pemprov, kata Aher, sudah memberikan perhatian berupaya dukungan anggaran pembangunan infrastruktur jalan. Pada tahun 2016 Rp90 miliar, 2017 sebesar Rp217 miliar, dan 2018 senilai Rp90 miliar. Pihaknya berharap pemerintah daerah setempat juga ikut memberikan dukungan anggaran serupa.

"Kami juga berharap dukungan anggaran dari pemerintah pusat, minimal Rp1 triliun. Saya sudah bilang langsung ke Pak Presiden saat berkunjung ke Sukabumi beberapa waktu lalu. Biasanya kalau sudah seperti ini akan ada kucuran dari APBN," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar