Yamaha Mio S

Begini Cara Mengetahui Data Facebookmu Dicuri atau Tidak

  Rabu, 11 April 2018   Arditya Pramono
Ilustrasi. (Reuters/Dado Ruvic)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Sekitar 87 juta data pribadi pengguna Facebook bocor. Data tersebut dicuri oleh perusahaan riset politik Cambridge Analytica. 70 juta di antaranya ada di Amerika Serikat, sedangkan sisanya berada di Inggris, Indonesia, dan Filipina.

Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Facebook yang mengalami pencurian data sebanyak 1.096.666 data.

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana Anda bisa mengetahui jika akun Facebook Anda merupakan salah satu dari jutaan akun yang mengalami pencurian data? 

Dikutip dari Gizmodo, cara untuk mengetahui jika akun Facebook Anda mengalami pencurian data adalah saat mendapatkan notifikasi langsung dari Facebook per tanggal 9 April 2018. 

Per tanggal 9 April 2018, sebuah notifikasi akan muncul di bagian atas newsfeed Facebook Anda. Pada bagian tersebut terdapat tombol baru untuk mengubah pengaturan privasi. 

Bagi pengguna yang datanya tidak dicuri, maka akan muncul tombol bertuliskan "Go To Apps and Websites". Sementara itu, untuk pengguna yang datanya dicuri akan ada tombol dengan tulisan "See How You're Affected."

Fitur tersebut  berfungsi untuk menunjukkan pengguna Facebook tentang aplikasi apa saja yang mereka pakai dan informasi pribadi seperti apa yang dapat diakses oleh sejumlah aplikasi lain. Jika sudah tak lagi diinginkan, pengguna bisa menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.

Ciri kedua yang mungkin bisa membuat data akun Facebook dicuri adalah ketika Anda sering memainkan personality quiz yang sering muncul di Facebook. Sejumlah pertanyaan yang Anda jawab di kuis tersebut bisa saja dimanfaatkan orang ketiga untuk mengumpulkan sebuah data penting.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar