Yamaha Aerox

Lezatnya Swegg, Sate Telur dengan Banyak Isian

  Selasa, 10 April 2018   Fathia Uqim
Sajian Swegg alias Story With Egg. (Fathia Uqim/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Tak salah jika Kota Bandung disebut sebagai salah satu destinasi kuliner populer karena tak henti melahirkan jenis camilan atau makanan terbaru. 

Satu jenis jajanan yang sedang ramai diperbincangkan adalah Swegg alias Story With Egg. Makanan ini terbuat dari telur ayam diisi oleh sosis, ham sapi, taichan, dan crabstick. Bentuknya seperti sosis bakar berukuran besar.

Proses pembuatannya menggunakan alat khusus yang dikirim dari Tiongkok. Caranya telur yang sudah dikocok dimasukkan ke dalam corong kemudian diberikan tambahan lainnya seperti crabstick, sosis, taichan, atau ham sapi. Sebelum matang, sebuah tusuk ditancapkan dalam corong tersebut. Cara memasaknya ini kurang lebih sama dengan cara pembuatan es lilin

Setelah matang, swegg disajikan dengan saus tomat atau sambal, mayo, keju mozarella, dan potongan nori.

"Jajanan ini diadaptasi dari jajanan Taiwan, harganya dari Rp5000 sampai Rp13000 saja" kata Ruth Nathania, pemilik gerai Swegg saat ditemui ayobandung, Selasa (10/4/2018).

Swegg hadir di Bandung pada tanggal 3 Maret 2018 dengan gerainya di Jl Hasannudin. Baru sebulan berdiri, jajanan yang mengenyangkan itu mendapatkan respons positif dari pelanggan.

Meskipun Swegg dapat dibeli secara daring, pelanggan lebih banyak yang datang langsung ke gerai. Lokasinya yang strategis membuat jajanan satu ini diburu para mahasiswa dan anak sekolah. 

Seorang pembeli Joko (21) mengaku suka dengan Swegg lantaran enak dan mengenyangkan. "Di dalamnya ada sosis, dibalut telur dan topping mozarella, jadi gurih dan enak. Ini jadi jajanan baru di Bandung dan musti dicoba. Enggak tanggung-tanggung, satu tusuknya itu diberi satu telur. Jadi tebal dan lembut," katanya.

Swegg Terus Berinovasi
Meski mendapatkan respons yang positif, namun Ruth tidak cepat puas. Ia mengaku perlu mengembangkan kreativitas dan inovasi supaya tidak ditinggalkan pembeli.

Walaupun saat ini belum ada jajanan yang menyerupai Swegg, Ruth sudah melakukan ancang-ancang untuk menyajikan menu lain dari Swegg. Dia sadar, jajanan yang tren di Bandung pasti akan ditiru oleh yang lain. 

"Mungkin bulan depan kami ingin membuat pempek di dalamnya," ujar Ruth. 

Lokasi Swegg berada di jajaran kaki lima Jalan Hasanudin, dekat dengan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Dipati Ukur, Bandung. Swegg buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB. Ingin melihat aktivitas dari jajanan telur satu ini dapat dilihat di Instagramnya @swegg.bdg.

 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar