Yamaha Aerox

Bohemian Project, Aksesori Buatan Tangan Zaman Now

  Senin, 09 April 2018   Fathia Uqim

KOPO, AYOBANDUNG.COM--Anting lucu warna-warni menggantung di rak kayu. Ada yang terbuat dari manik-manik, benang kasur, dan pom-pom yang lucu. Semua dipajang rapi bersamaan dengan kalung etnik, tas, dan sandal boho yang unik dan kekinian.

Kepada ayobandung.com, Anisa (24) yang tengah duduk di depan papan latar belakang Dinas UMKM Kota Bandung, menceritakan soal usahanya yang berjalan dari bazar ke bazar. Setelah satu tahun bergabung di Wirausaha Baru (WUB) Jabar, Anisa bersama produknya yang bernama Bohemian Project, sering dipilih Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung untuk membuka stan.

“Biasanya, Dinas Koperasi UMKM punya lapak gratis di berbagai bazar atau acara di Bandung. Kami anak WUB yang sudah siap produknya, sering diberi lapak untuk berjualan,” kata Anisa saat ditemui di Kopo Coffee Weeks Miko Mall Bandung, belum lama ini.

Bohemian Project merupakan hasil kerajinan tangan. Karena proses pembuatan produknya yang cukup memakan waktu, akhirnya Anisa bisa membuka lapangan kerja baru bagi beberapa mahasiswa dan ibu-ibu rumah tangga di lingkungannya. Mereka membantu pembuatan anting  dan kalung yang sedang laku di pasaran.

Misalnya, pom-pom yang tengah naik daun di kalangan anak muda. Selain dijadikan anting, pom-pom biasa dijadikan hiasan di tas bahkan sandal.

Atau tassel. Seberkas benang, tali, atau bahan lainnya yang tergantung longgar di salah satu ujungnya dan ditempelkan untuk hiasan perabot rumah tangga, pakaian, atau barang-barang lainnya. Tassel yang diproduksi Bohemian Project kebanyakan untuk anting. Anisa punya ciri khas untuk anting tassel miliknya. Seperti tassel dari macam warna, atau desain yang unik pilihan pelanggan.

“Tak jarang, kebanyakan pelanggan saya membelinya sesuai keinginan mereka. Jadi, kami akan membuat produk setelah pelanggan meminta pesanannya dibuat seperti apa,” ujarnya.

Saat ini, anting buatan China yang harganya jauh lebih murah menjadi pesaing utamanya. 

“Agak sulit, tapi kita tak bisa menurunkan harga lagi 'kan. Kami membuat dengan tangan, sedangkan produksi luar menggunakan mesin,” ucap wanita 24 tahun itu.

Bukan soal bagi Anisa, Bohemian Project terus memproduksi yang lebih unik dan berbeda sebagai pertahanan dari produk luar tersebut.

Kisaran harga produk yang dijual Bohemian Project dari Rp15.000 sampai Rp100.000. Semua jenis barangnya dapat dilihat di Instagram @bohemianproject.id atau di rumah produksinya berlokasi di  Cijawura Girang, Sekejati, Buah Batu, Bandung.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar