Yamaha Mio S

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Autisme

  Senin, 02 April 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM–Hari ini, Senin (2/4/2018), dunia memperingati Hari Kesadaran Autisme Sedunia. Pada hari ini, kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita autisme menjadi sorotan.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia diakui secara internasional. Mendorong negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengambil langkah demi meningkatkan penerimaan orang-orang dengan autisme di seluruh dunia.

Autisme adalah kondisi neurologis seumur hidup yang bermanifestasi sejak masa kanak-kanak. Ia merupakan gangguan perkembangan saraf yang menimbulkan masalah dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan konsep abstrak lainnya. Orang dengan autisme biasanya sulit memahami kehidupan lingkungan sekitar.

Menyitat laman UN World Autism Awareness Day, gangguan ini utamanya dicirikan oleh interaksi sosialnya yang unik, cara belajar yang tidak standar, minat mendalam pada subjek tertentu, kecenderungan pada rutinitas, tantangan dalam komunikasi, dan cara tertentu memproses informasi sensosik.

Tingkat autisme yang tinggi di hampir semua wilayah di dunia dan kurangnya pemahaman masyarakat berdampak luar biasa terhadap individu penderita, keluarga, dan komunitas autisme. Stigmatisasi dan diskriminasi menjadi kendala substansial. Masalah inilah, yang menurut PBB, harus ditangani oleh pembuat kebijakan publik di negara-negara berkembang.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar