Yamaha NMax

Wali Kota Tasik Jelaskan Mengapa Tasik Tak Memiliki Pura

  Rabu, 14 Maret 2018   Fajar Sukma
Pura Besakih di Bali. (Gudrun Brandenburg/youtube)

TASIK, AYOBANDUNG.COM -- Jelang hari raya Nyepi yang jatuh pada hari Sabtu (17/3/2018), keberadaan tempat peribadatan umat Hindu atau pura di Kota Tasikmalaya belum ada.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan hingga saat ini belum ada permohonan umat Hindu untuk membangun Pura. Sebab, mayoritas Kota Tasikmalaya beragama islam. Jumlahnya sekitar 95%.

"Mungkin karena umat Hindu di Kota Tasikmalaya jumlahnya sedikit, sampai saat ini belum ada permohonan. Namun, yang pasti kami tetap menghormati bagi mereka yang merayakan hari besar Nyepi," katanya kepada ayotasik, Rabu (14/3/2018).

Disinggung masalah rencana kedepannya, Budi masih belum bisa memastikan. Sebab, tidak ada permohonan untuk membangun tempat ibadah tersebut.

"Bagi mereka yang akan melaksanakan kegiatan keagamaan Nyepi tentu akan kami hargai. Namun, memang saat ini belum ada tempat ibadahnya (pura)," ucapnya.

Budi menilai selama tidak ada permohonan pendirian tempat ibadah tersebut, maka tidak perlu dibangun. Jadi, tidak perlu dipaksakan.

"Sebagai pemerintah jika ada undangan kegiatan tentu akan hadir. Umat Kristen silahkan melaksanakan kegiatan keagamaannya, begitupun umat Budha dan Hindu," paparnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar