Yamaha Aerox

Saat Pilkada Peran Satpol PP Harus Ganda

  Rabu, 14 Maret 2018   Mildan Abdalloh
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (jabarprov.go.id)

GEDUNG SATE, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meminta kepada Satpol PP untuk turut menjaga keamanan ketertiban saat Pilkada Serentak 2018.

Menurut Aher, ada dua fungsi Satpol PP dalam pilkada, yakni menjaga keamanan dan ketertiban dan melakukan pemantauan terhadap netralitas ASN.

"Dalam pengamanan pilkada kaitannya dengan menghadirkan pilkada yang aman lancar dan jurdil, tentu bekerja sama dengan TNI-Polri," tutur Aher, Rabu (14/3/2018).

Begitupun saat proses pemungutan suara berlangsung. Menurut Aher, Satpol PP mempunyai tugas lebih dengan menjaga TPS-TPS yang tersebar di seluruh wilayah.

"Pengawasan internal juga harus dilakukan, karena salah satu tupoksi Satpol PP mengawasi ASN, mereka bisa melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap ASN yang melakukan pelanggaran," ujarnya.

Kasatpol PP Jawa Barat, Enjang Navandi mengatakan, sudah menjadi tupoksi bagi Satpol PP menjaga keamanan dan ketertiban.

"Dalam Pilkada 2018 ini tentu kami akan bekerja untuk mewujudkan keamanan bagi semua pihak dengan bekerja sama dengan pihak terkait baik TNI, Polri maupun unsur lainnya," ujarnya.

Pengawasan internal ASN juga, kata Enjang, akan dilakukannya. Mengingat saat Pilkda, ASN sudah ditegaskan harus netral.

Satpol PP memiliki program Gerakan Disiplin Daerah (GDD), di mana mengharuskan ASN untuk bersikap netral. “Jika ada yang melanggar, tentu akan kami tindak. Sanksinya bisa teguran, penurunan pangkat, sampai pemecatan,” kata Enjang.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar