Yamaha NMax

10 Bahasa Kuno Misterius di Dunia

  Rabu, 14 Maret 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi.

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM -- Manusia terus mengembangkan bahasa, skri,p dan sistem penulisan baru untuk berkomunikasi. Beberapa bahasa kuno seperti bahasa Cina, Korea, Sanskerta, Tamil, Yunani, Mesir, Arab, Persia dan Ibrani telah berkembang terus selama berabad-abad. Ada beberapa bahasa lain yang punah hari ini. Sementara itu, ada pula beberapa bahasa yang hilang secara misterius, sangat sulit untuk memecahkan kode, atau tidak dapat diklasifikasikan hari ini.

Kali ini ayobandung membawa daftar sepuluh bahasa purba kuno yang menakjubkan namun misterius dari seluruh dunia.

 

Bahasa Iberia, Perancis dan Spanyol

Bahasa misterius dari Semenanjung Iberia yang dikenal sebagai bahasa Iberia telah ada sekitar abad ke 7 dan 1 SM. Menurut sumber Yunani dan Romawi yang tinggal di wilayah timur dan tenggara, bahasa ini diucapkan oleh orang-orang di sana. Pada abad ke-1 sampai 2 Masehi, bahasa itu perlahan diganti oleh bahasa Latin. Iberia tidak dapat diklasifikasikan, namun telah diuraikan ke berbagai luasan. Bahasa itu sendiri sebagian besar tidak diketahui. Beberapa keterkaitan ke bahasa lain seperti bahasa Basque telah dikemukakan. Tapi tak satu pun dari klaim dan tautan tersebut telah menunjukkan kepuasan.

Bahasa Epi-Olmec

Skrip Isthmian mungkin adalah sistem penulisan budaya Epi-Olmec yang misterius. Skrip Meso Amerika yang bertanggal sekitar 500 SM sampai 500 Masehi juga dikenal dengan skrip La Mojarra dan naskah Epi-Olmec. Skrip bahasanya mirip dengan naskah Maya. Pada tahun 1993, dua epigrafer, John Justeson dan Terrence Kaufman, menerbitkan sebuah penguraian parsial teks Isthmian. Sistem penguraian naskah Isthmian ini dibuat batal oleh Stephen D. Houston dan Michael D. Coe yang tidak berhasil menerapkan penguraian tersebut. Karena perselisihan ini, bahasanya tetap tidak terbukti, tidak diketahui, dan misterius. Penemuan lebih lanjut tentang sisa-sisa bahasa ini dapat membantu para peneliti untuk memecahkannya.

Bahasa Elam, Iran

Bahasa Elam adalah bahasa kuno bangsa Elam dari Iran. Bahasa itu pernah diucapkan dari tahun 2800 sampai 550 SM. Tidak ada tautan bahasa yang bisa ditemukan mengenai bahasa Elam. Bahasa ini sulit dipahami dan diinterpretasikan. Dua skrip sebelumnya dari daerah tersebut, Proto Elamite dan Linear Elamite belum diterjemahkan. Proto Elamite sebagian besar dianggap sebagai logografi, sedangkan Linear Elamite hanya ada dalam waktu singkat.

Rapa Nui tua, Pulau Paskah

Rapa Nui adalah bahasa ibu yang diucapkan di Pulau Rapa Nui atau yang dikenal sebagai Pulau Paskah. Ini adalah bahasa Polinesia Timur yang hampir punah. Rongorongo adalah naskah yang ditemukan di Pulau Paskah pada abad ke-19. Dipercaya bahwa Rongorongo merupakan naskah kuno yang tak terbaca dan menggunakan bahasa Rapa Nui tua.

Naskah itu begitu misterius. Asal bahasa, keluarga bahasa, budaya di balik bahasa dan maknanya masih belum diketahui oleh dunia Bahasa ini bisa jadi dimulai sejak abad ke-12.

Bahasa Minoa, Kreta

Bahasa Minoa adalah milik peradaban Minoan yang ditulis dengan hieroglif Kreta. Tak banyak yang mengetahui bahasa Minoa. Hingga saat ini, bahasa tersebut tetap tidak terklasifikasi dan masih menjadi misteri di balik peradaban Minoan.

Bahasa ini bisa dimulai sejak 2.600 sampai 1.100 SM. Bisa jadi bahasa ini berasal dari salah satu peradaban yang paling awal dikenal di Eropa.

Bahasa Eteocretan adalah bahasa lain yang mungkin berasal dari bahasa Minoan. Bahasa ini muncul 1.000 tahun setelah bahasa orang Minoa ada. Bahasa ini juga merupakan misteri. Karena kesulitan dalam menerjemahkannya, tidak dapat dipastikan apa keterkaitan antara bahasa Eteocretan dan Minoan.

Zhangzhung Kuno, Asia Tengah

Bahasa Zhangzhung Kuno adalah bahasa misterius lain yang tergabung dalam keluarga bahasa Sino-Tibet. Bahasa Zhang-Zhung pernah diucapkan di tempat yang sekarang dikenal dengan Tibet Barat. Beberapa dokumen dari Dunhuang berisi bahasa yang tidak diketahui, yang disebut sebagai Zhangzhung Lama. Tapi, identifikasi ini kontroversial. Tidak banyak dokumentasi tentang bahasa yang penuh teka-teki ini.

Nam, Asia Tengah

Bahasa Nam termasuk dalam keluarga bahasa Sino-Tibet. Periset tidak pernah bisa menguraikan bahasa yang tersimpan dalam transkripsi Tibet di sejumlah fragmen naskah Dunhuang. Bahasa itu mungkin masuk pada awal abad ke-5 sampai awal abad ke-11. Bahasa ini dipelihara di British Library dan Bibliotheque Nationale de France.

Picene Utara Bahasa, Italia

Picene Utara adalah salah satu bahasa paling misterius yang datang dari Eropa. Bahasa kuno ini kemungkinan besar diucapkan di bagian timur tengah Italia. Tidak banyak yang diketahui tentang bahasa ini. Anehnya, beberapa hurufnya terlihat mirip seperti huruf Latin.

Harappan, India/Pakistan

Bahasa Harappan juga dikenal sebagai Mohenjo-Daro atau bahasa Indus. Asal bahasa maupun keluarga tidak ditemukan sampai saat ini. Bahasa ini berasal dari peradaban Abad Perak Harappan atau Peradaban Lembah Indus. Bahasa Harappan mungkin berasal dari 3.500 – 1.900 SM.

Ada beberapa hipotesa yang menjelaskan sifat bahasan tak dikenal ini. Beberapa contoh skrip, koin, dan prasasti yang berkaitan dengan bahasa Harappan ditemukan oleh para arkeolog. Kendati demikian, penemuan-penemuan itu tidak dapat terbaca sampai saat ini.

Bahasa Sidetik, Anatolia

Dipercaya bahwa bahasa Sidetik pernah diucapkan di situs bersejarah Side, Pantai Pamphylia, Anatolia. Adanya bahasa tersebut hanya diketahui setelah ditemukannya koin dan prasasti yang ditemukan di situs yang berasal dari abad ke-2 sampai 5 SM. Seorang sejarawan terkemuka, Arrian, menyebutkan tentang adanya bahasa aneh dan misterius di Kota Side.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar