Yamaha NMax

Tiga Olahraga Ini Dapat Sembuhkan Patah Hati

  Rabu, 14 Maret 2018   Arfian Jamul Jawaami
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM -- Dalam lirik lagu “Hey Jude”, The Beatles mengajarkan bahwa mendengarkan lagu sedih justru akan membuat kamu merasa lebih baik. Setidaknya itu jauh lebih baik dari meminum obat tidur seraya terlelap melupakan kegalauan.

Namun, obat terbaik untuk menyembuhkan patah hati adalah dengan berolahraga. Sebenarnya, olahraga merupakan bentuk dari stres fisik. Artinya, dengan berolahraga, maka tubuh belajar terbiasa menghadapi stres fisik. 

Tubuh akan terbiasa dan terlatih bertahan menghadapi berbagai tekanan, salah satunya patah hati karena cinta. Maka tidak salah jika kemudian The Rain dan Endank Soekamto merilis lagu “Terlatih Patah Hati”.

Oke, kembali ke pembahasan. Lalu apa risiko terbesar dari patah hati? Kematian. Itu bukan candaan atau retorika hiperbola kekinian. Pasalnya, kesedihan dan rasa kecewa yang tidak dapat diatasi dapat berujung pada depresi klinis.

Pernyataan tersebut ditulis dalam Journal of Psychosomatic Research yang menemukan bahwa memendam emosi berdampak signifikan pada peningkatan risiko kematian dini akibat penyakit jantung koroner.

Untuk itu ayobandung merangkum tiga jenis olahraga yang baik dilakukan jika merasa patah hati. Jawabannya bukan lari dari kenyataan, juga bukan olahraga tinju yang mampu memindahkan emosi kekesalan kepada objek lawan. Berikut daftarnya.

 

Berenang

Seorang psikolog dari University of Pittsburgh Medical Center menyatakan bahwa berenang dapat mengurangi rasa sedih dan depresi secara signifikan. Ketika berenang, tubuh manusia akan otomatis melepaskan senyawa endorfin. 

Endorfin merupakan senyawa yang bertugas menghadirkan rasa bahagia hingga euforia berlebih. Sehingga, ketika endorfin dilepaskan maka senyawa tersebut akan menurunkan rasa sedih serta menghilangkan stres.

Kabar gembira lainnya, berenang juga mampu memengaruhi serotonin yang menghasilkan atrial natriuretic peptide. Zat tersebut berguna dalam membantu menghilangkan stres dan mengendalikan kecemasan untuk kemudian mengubahnya menjadi ketenangan.

Yoga

Pada dasarnya, yoga dapat memberikan kekuatan batin lewat ketenangan. Selain itu, yoga juga mampu meningkatkan kepercayaan diri pascapatah hati dan perasaan bahagia.

Lewat yoga, kamu akan belajar mengenai bagaimana rasanya mencintai diri sendiri. Setidaknya terdapat satu posisi dalam yoga yang dapat membantu menghilangkan rasa patah hati yakni Sphinx Rose.

Posisi Sphinx Pose dapat dilakukan dengan menempatkan tubuh pada posisi tengkurap. Lalu tahan bagian atas tubuh dengan siku sebanyak 90 derajat. Tekan bagian telapak kaki pada lantai dan rapatkan. Tahan posisi tersebut sekitar lima menit.

Bersepeda

Kegiatan mengayuh pedal sepeda secara berulang dapat membantu menghilangkan stres karena menciptakan sebuah irama statis. Selain itu, bersepeda memberikan akses terbuka untuk bersosialisasi dengan lingkungan seraya menikmati udara segar. 

Bersepeda juga dapat menggerakkan kerja zat kimia dalam otak yang berperan dalam mengendalikan mood. Selayaknya berenang, zat endorfin juga dilepaskan ketika bersepeda. Alhasil, perasaan bahagia akan datang mengusir kesedihan. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar