Yamaha NMax

Jadi Drumer Itu Keren, Intelektual dan Kooperatif

  Rabu, 14 Maret 2018   Asri Wuni Wulandari
Drumer The Clash, Topper Headon. (drummercafe.com)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM – Lelucon lama mengatakan jika ada dua jenis drumer di dunia: mereka yang bisa menghitung dan mereka yang tidak bisa menghitung. Seorang drumer disebutkan memiliki otak, yang secara mendasar, berbeda dari kita semua. Hal ini jelas menyangkal sejumlah lelucon bodoh tentang para penggebuk drum.

Sebuah studi di Karolinska Institute, Stockholm, Swedia menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan, timing yang tepat, dan bagian otak yang digunakan untuk memecahkan masalah. Seperti yang dikatakan seorang musisi asal Chicago, Gary Cleland, bahwa seorang drumer adalah seorang intelektual alami.

Melansir Open Culture, seorang ilmuwan neurologi, David Eagleman, menyebutkan jika seorang drumer terobsesi dengan waktu. Hal ini ditemukannya dalam sebuah eksperimen yang dilakukannya terhadap sejumlah drumer profesional di studio milik Brian Eno.

Eno adalah salah seorang musisi yang berteori jika drumer memiliki mental yang unik. Dan itu dibuktikan benar. Eksperimen Eagleman menunjukkan perbedaan statistik yang sangat besar antara waktu yang dimiliki para drumer dengan yang lain.

“Kemampuan mereka untuk menyimpan waktu memberi mereka pemahaman intuitif tentang pola ritmis yang mereka rasakan di sekitar mereka,” katanya.

Menggebuk drum memberikan manfaat emosional dan fisik yang dikenal sebagai “drummer’s high”. Ini adalah sebuah endorfin, zat kimia serupa morfin yang diproduksi oleh tubuh dan memberikan efek senang. Namun, endorfin ini hanya bisa dirangsang dengan bermain musik, bukan hanya sekadar mendengarkannya.

Selain itu, endorfin yang dihasilkan dari menggebuk drum juga mampu meningkatkan emosi positif. Dan, pada akhirnya membuat seseorang mampu bekerja sama secara lebih kooperatif.

Drumer The Clash, Topper Headon, pernah membahas aspek terapeutik drum dalam sebuah wawancara singkat dengan BBC. Ia menyebut jika drum adalah sebuah alat musik purba atau sesuatu yang bersifat universal.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar