Yamaha NMax

Bupati Bandung Ingin TPPAS Legoknangka Segera Beroperasi

  Selasa, 13 Maret 2018   Hengky Sulaksono
Bupati Bandung, Dadang Naser.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bandung, Dadang Naser, menginginkan agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera mengoperasikan Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah di Legoknangka, Kabupaten Bandung secepatnya. Keberadaan TPPAS sangat diperlukan lantaran tempat pembuangan di Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, sudah sering dihinggapi persoalan.

Terakhir kali, puluhan unit truk pengangkut sampah milik Pemerintah Kabupaten Bandung yang hendak membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir Sarimukti dicegat oleh sesama sopir truk Senin (12/3/2018). Mereka sengaja mencegat sebagai bentuk protes terhadap pengelola TPA Sarimukti.

"Kehadiran Legoknangka sangat ditunggu dan harus disegerakan. Di (TPA) Sarimukti sampah sudah menumpuk," kata Dadang kepada wartawan usai menghadiri kegiatan Pemuda Pancasila di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (13/2/2018).

Dadang mendesak Pemprov Jabar agar TPPAS Legoknangka dibuka terlebih dahulu. Jika TPPAS sudah dibuka, Dadang mengaku bakal mendiskusikan besaran biaya pembuangan sampah dengan Pemprov Jabar. Pasalnya politisi Partai Golkar ini menilai biaya pembuangan sampah yang dikeluarkan Pemkab Bandung selama ini memberatkan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah.

Jika TPPAS sudah dibuka, ia menuturkan ingin berdiskusi dengan Pemprov Jawa Barat tentang besaran tipping fee yang harus dibayarkan oleh Pemkab Bandung. Katanya, biaya perkubik sampah yang harus dibayarkan dinilai memberatkan APBD Kabupaten Bandung.

"Sekarang (tipping fee di Sarimukti) sebesar Rp50.000/kubik. Di sini (Legoknangka) meminta Rp350 ribu. Kan tonase sehari berapa puluh ton. Itu berat bagi APBD Kabupaten Bandung," katanya. 

Dadang juga memaklumi aksi protes yang membuat puluhan truk pengangkut sampah Kabupaten Bandung tak bisa melakukan pembuangan di Sarimukti. Permasalahan yang terjadi di Sarimukti menurutnya harus segera diselesaikan. 

"Masyarakat di sana, di daerah Sarimukti, pasti sudah kesal karena sampah tidak diolah. Oleh karena itu tahun ini harus segera beroperasi Legoknangka tahun ini," kata dia.
 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar