Yamaha Aerox

10 Tanaman Aneh di Dunia, Dua Berasal dari Indonesia

  Senin, 12 Maret 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Tanaman jenis Venus Flytrap (sarracenia).

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Tanaman telah menjadi bagian dari Bumi sebelum manusia muncul. Ada ribuan spesies tanaman di seluruh dunia. Sebagian besar tanaman digunakan sebagai makanan oleh manusia dan hewan. Lainnya digunakan untuk pengobatan. 

Tak sedikit jenis tanaman memiliki ciri khas yang membuat aneh bagi orang yang pertama kali mengetahuinya. Ciri khas tersbetu bisa dari bentuknya, warnanya, aromanya, hingga perilakunya. 

Merangkum dari Listamaze, kali ini ayobandung mengenalkan ke-10 fitur tanaman aneh ini. Penasaran? Ayo simak di sini.

Titan Arum/Amorphophallus titanum
Titan Arum, yang juga dikenal sebagai tanaman mayat atau bunga bangkai adalah tanaman berbunga yang ditemukan di hutan hujan Sumatera, Indonesia, dan Borneo Malaysia. Bau tanaman itu sangat aneh. Tanaman itu berbau mayat yang membusuk setelah tanaman ini mekar. Tapi bunga aneh ini hanya terbuka selama 48 jam saja.

Bau busuknya cukup kuat untuk menarik serangga penyerbuk. Bunga bangkai ini memiliki struktur bunga terbesar di dunia, bahkan bisa tumbuh setinggi 3 meter. Bunga Bangkai ini membutuhkan waktu 7-9 tahun pertumbuhan untuk mekar. Pada tahun 2003, di Kebun Raya Universitas Bonn di Jerman, ada Bunga Bangkai yang mekar tertinggi 8 kaki11 inci. Rekor ini jadi bagian dari Guinness World Records. 

Venus Flytrap (Dionaea Muscipula)
Venus Flytrap adalah salah satu tanaman terindah di dunia. Dionaea muscipula adalah tanaman karnivora yang asli hanya ada di Pantai Timur Amerika Serikat, Carolina Utara, dan Carolina Selatan.

Tanaman ini memiliki cara yang unik untuk memikat mangsa. Mereka memikat mangsanya dengan mengeluarkan nektar harum dan lapisan kemerahan di dedaunan, terutama memangsa semut. Begitu mangsa memasuki daun, tanaman itu menutup dengan kencang. Tanaman ini  juga memakan kumbang, lalat, belalang, laba-laba dan bahkan katak kecil sekalipun. Mulut tanaman ini amat kedap udara. Mekanisme ini membantu tanaman ini untuk menjauhkan diri dari bakteri di dalam daun. Tanaman Ini juga memiliki gigi unik di daunnya.

Tanaman Ugliest (Welwitschia Mirabilis)
Welwitschia mirabilis adalah salah satu tanaman tertua di dunia. tanaman ini sangat aneh dan jelek. Sampai-sampai tanaman ini disebut sebagai fosil hidup. Tanaman ini asli berasal dari Gurun Namib di Namibia dan Angola. Tanaman ini dinamai Friedrich Welwitsch yang membuat penemuan tanaman pada tahun 1859. Beberapa spesimen tanaman yang dikumpulkan berumur 1000 sampai 1500 tahun. 

Tanaman ini tinggal di daerah yang gersang dan hampir tidak ada curah hujan. Mereka sangat tahan terhadap cuaca seperti itu. Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman yang paling resisten di dunia. Daun mereka memiliki struktur unik yang membantu menyimpan kelembapan untuk masa depan. Bahkan tanaman tertua ini hanya memiliki dua daun. Daunnya tumbuh panjang, bengkok dan membelah beberapa kali sehingga sulit untuk diketahuinya pada pandangan pertama.

Rafflesia Arnoldii
Rafflesia arnoldii terlihat aneh dan unik. Mereka adalah tanaman berbunga yang menghasilkan bunga terbesar di Bumi. Ciri aneh tanaman lainnya adalah kemampuannya untuk menghasilkan bau busuk daging yang kuat yang mirip dengan Titan arum. Hal ini juga lah yang membuat tanaman ini  disebut sebagai "bunga bangkai". Tanaman berbunga terbesar ini adalah endemik hutan hujan Sumatera dan mungkin Borneo. Pada tahun 1993, tanaman tersebut secara resmi dikenal sebagai "bunga langka" nasional dari Indonesia. 

Bisa tumbuh lebih dari tiga kaki. Bahkan bayi pun dapat dengan mudah merangkak di dalam bunga dan tertidur. Genus yang menjadi bagian tanaman ini adalah misteri genetik di kalangan ilmuwan. Fakta aneh tentang tanaman ini adalah bahwa tanaman itu adalah parasit. Tanaman parasit tumbuh secara tiba-tiba dari pohon yang terinfeksi.

Nepenthes Attenboroughii
Nepenthes attenboroughii  adalah tanaman pitcher besar yang hanya ditemukan di daerah yang tidak terjangkau di Gunung Victoria, Palawan tengah, Filipina. Ini adalah salah satu tanaman pitcher terbesar di dunia. Tanaman ini dapat dengan mudah menangkap tikus dan serangga terbesar dengan jebakannya. Pitcher karnivora mendapat namanya dari penyiar terkenal dan naturalis Sir David Attenborough. Ini adalah salah satu dari 100 spesies terancam di dunia menurut sebuah laporan oleh IUCN Species Survival Commission. Tanaman karnivora adalah yang terbesar dari jenisnya di dunia.

Euphorbia Obesa
Euphorbia obesa adalah spesies tanaman yang tampak aneh yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini terlihat seperti bola basket dan disebut sebagai "pabrik bisbol". Pabrik bisbol memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat dan hanya mengandung 2 sampai 3 biji polong. Karena over-collection dan perburuan liar, tanaman ini terancam punah. Mereka bulat dan menjadi silindris seiring bertambahnya usia. Lateks mereka beracun. Tanaman itu juga mampu mekar selama musim panas dan menghasilkan daun rudimen dalam waktu singkat.

Lithops
Lithops adalah tanaman sukulen yang aneh karena penampilannya menyerupai kerikil atau batu Lithops berbaur dengan batu dan batu di sekitarnya untuk menghindari dimakan oleh hewan. 

Lithops memiliki nama lain seperti pebble plants atau living stones. Nama tanaman berasal dari kata-kata Yunani Kuno yang berarti - litos (batu) dan ops (muka). Lithops berasal dari Afrika bagian selatan. Tanaman ini pum umum dan populer di kalangan tukang kebun. Ada berbagai subspesies Lithops di seluruh dunia. Mereka memiliki warna dan bentuk yang berbeda.

Darlingtonia Californica
Banyak tanaman karnivora yang aneh. Kobra lily adalah salah satunya. Tanaman pitcher karnivora ini menyerupai ular kobra. Nama lain dari tanaman tersebut adalah tanaman pitcher California. Ini adalah satu-satunya spesies tanaman dari genus Darlingtonia dari keluarga tanaman pitcher atau Sarraceniaceae.

Tanaman langka ini berasal dari California Utara dan Oregon. Daun tanaman menyerupai taring atau lidah ular. Sebagai tanaman karnivora hidup di lingkungan yang tidak bersahabat, daun dan akar mereka sangat tidak teratur. Bunga lobak kobra ini bisa bertahan dari api dan beregenerasi dari akarnya. Tanaman ini hidup pada ketinggian 2.000 meter di hutan redwood dan hutan cemara merah dengan suhu di bawah 18 ° C.

Drosera capensis
Drosera capensis atau The Cape sundew adalah tanaman yang unik karena memiliki tentakel. Ini adalah spesies tumbuhan karnivora berbentuk roset kecil yang berasal dari Cape di Afrika Selatan. Tanaman itu seperti tentakel merangkak artropoda. Tanaman ini pun menggunakan lendir lengket dari tentakel untuk menjebak serangga, dan  berwarna cerah berukuran 3,5 sentimeter.

Setelah menjebak serangga, daun-daunnya  memanjang ke tengah. Mekanisme ini membantu pencernaan dengan membawa mangsanya ke kelenjar pencernaan. Ini adalah tanaman karnivora termudah untuk tumbuh di dalam rumah. Selain itu, sundews yang paling umum untuk budi daya.

Hydnora Africana 
Hydnora africana adalah spesies tanaman aneh yang berasal dari Afrika bagian selatan. Tanaman ini melepaskan bau kotoran yang kuat untuk menarik penyerbuknya. Mirip dengan tanaman penyerbukan lainnya dengan memancarkan bau, tanaman ini pun benar-benar aneh. Selain penyerbuk, juga menarik kumbang kotoran dan kumbang bangkai. 

Tanaman ini bisa tumbuh di bawah tanah dan hanya bunga berdaging yang terlihat di luar. Nama lain dari tanaman ini adalah jakkalskos atau makanan serigala. Perangkap bunga serangga sementara sehingga serangga bisa mengambil cukup serbuk sari. Hal lain yang aneh tentang tanaman ini adalah bahwa tanaman ini bisa menanam buah-buahan di bawah tanah dan mirip dengan rasa dan tekstur kentang.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar