Olahan Buah Pala dari Wanayasa

  Senin, 12 Maret 2018   Arditya Pramono
Eulis Supriyatiningsih saat membuat olahan buah pala di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. (ayobandung/Arditya Pramono)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM – Warga Kabupaten Purwakarta tak kehabisan akal mengolah kuliner dari buah pala. Misalnya saja dengan mengolah buah pala menjadi permen jelly, sirup, selai, dan teh seperti yang dilakukan warga Kampung Krajan, Desa dan Kecamatan Wanayasa.

Sebagaimana diketahui, Wanayasa dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah pala. Biasanya warga mengambil bijinya untuk kemudian disuling menjadi minyak. Tapi, ibu rumah tangga di Kampung Krajan menyulapnya menjadi empat oleh-oleh kuliner Purwakarta yang mengundang rasa.

"Kita olah jadi permen jelly, selai, sirup, dan juga teh," kata salah satu penggiat UMKM tersebut, Eulis Supriyatiningsih (54), beberapa waktu lalu. 

Permen jelly dan sirup adalah dua produk yang paling laris manis di pasaran. Bahkan, saking banyaknya permintaan, Eulis dan ibu-ibu lainnya bisa memproduksi 50 kilogram permen jelly dan 50 botol sirup kemasan 430 mililiter dalam sepekan.

Harganya sendiri terbilang ramah kantong. Satu kemasan permen jelly hanya dibanderol dengan harga Rp7.500. Satu botol sirup dibanderol Rp15.000, sedangkan selai dan teh masing-masing dijual dengan harga Rp3.000.

Dalam memproduksi keempat hasil olahan buah pala ini Eulis dibantu oleh dua orang rekannya dan sejumlah tim yang berada dalam naungan UMKM BUMDes Wanayasa.

Pelaksana Operasional BUMDes Wanayasa, Didin Syafrudin mendukung penuh berkembangnya usaha bisnis rumahan tersebut. Selain menambah nilai ekonomis, pengolahan ini juga membuat limbah kulit dan buah pala yang sebelumnya dipandang sebelah mata menjadi menguntungkan. “Manfaatnya luar biasa,” katanya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar