Yamaha NMax

Tujuh Pola Asuh Anak yang Unik di Dunia

  Senin, 12 Maret 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM – Mengurus anak bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi para ayah dan ibu muda yang baru pertama kali mengasuh momongan.

Beragam gaya pola asuh anak ada di dunia. Mereka hadir seturut dengan budaya yang berkembang di daerahnya masing-masing.

Berikut melansir Pop Sugar, 10 pola asuh anak yang ada di seluruh dunia.

 

Polinesia membiarkan seorang anak yang lebih tua mengasuh anak yang lebih muda

Sudah jadi kebiasaan umum di Polinesia untuk membiarkan anak dibesarkan oleh kakak laki-laki dan sepupu. Anak-anak yang lebih tua belajar mengasuh adik-adiknya yang lebih muda, dan belajar mandiri di usia yang jauh lebih muda.

Italia tidak menerapkan jadwal tidur

Jika anak-anak di Indonesia dibiasakan untuk tidur di siang hari dan malam hari, tidak begitu dengan di Italia. Di sana, para orang tua tidak memiliki kata “tidur” untuk anak-anak mereka. Anak-anak Italia tidak diharuskan tidur pada waktu yang ditentukan. Mereka hanya tidur hanya ketika mengantuk.

India tidak menyediakan kamar tidur untuk anak

Di India, kebanyakan anak tidak mendapatkan kamar sendiri hingga usia mereka menginjak 5 tahun. Tidur bersama orangtua dianggap sebagai bagian penting dari perkembangan anak.

Jepang memberikan kebebasan pada anak sejak dini

Anak-anak berusia 5 tahun di Jepang sudah diperbolehkan berpergian seorang diri. Bahkan, mereka bisa pergi naik kereta seorang diri. Bagaimana tidak? Jepang disebut-sebut sebagai negara teraman di dunia untuk ditinggali. Karena itu, anak-anak biasanya diberi kebebasan untuk berpergian ke mana-mana.

Jerman tidak membiasakan anak untuk bermain boneka

Di taman kanak-kanak di Jerman, anak-anak dilarang untuk bermain dengan benda-benda mati seperti boneka. Kebiasaan ini muncul berdasarkan logika yang mengatakan ketika anak-anak tidak terganggu dengan permainan bersama benda mati, maka keterampilan berpikir kritis mereka akan berkembang dan membantu menahan diri mereka dari adiksi di masa dewasa.

Korea tak mengenal konsep ngemil untuk anak-anak

Menahan lapar adalah keterampilan hidup yang diajarkan anak-anak di Korea. Mereka diajarkan untuk mengendalikan rasa lapar, sehingga mereka seringkali harus menunggu seluruh keluarga untuk makan bersama. Bahkan, Korea tak mengenal konsep ngemil.

Norwegia membiasakan anak-anak terbiasa hidup di alam

Sudah menjadi kebiasaan di Norwegia untuk membiarkan bayi – sejak usia dua minggu sekalipun – untuk tidur siang di luar ruangan atau di alam, bahkan saat suhu udara menginjak di bawah nol derajat. Negara-negara Skandinavia pada umumnya menyukai alam di luar rumah.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar