Yamaha NMax

Kisah Ustaz Evie Effendie dalam Buku

  Selasa, 06 Maret 2018   Arfian Jamul Jawaami
Ustaz Evie Effendie saat meluncurkan bukunya yang berjudul "Gapleh: Gaul Tapi Soleh" hasil kolaborasi bersama ustaz Rohim . (Arfian jamul/ayobandung)

BRAGA, AYOBANDUNG.COM -- "Mari berhijrah sebelum wafat. Sekarang kami ada di atas tanah tapi nanti akan berada di bawah tanah. Semua orang bisa membeli jam tapi tidak akan pernah bisa membeli waktu. Semoga buku ini menjadi jariyah untuk siapa saja yang terlibat," ujar ustaz Evie Effendie.

Pernyataan tersebut diungkap ustaz Evie saat acara peluncuran dan diskusi buku berjudul "Gapleh: Gaul Tapi Soleh" hasil kolaborasi bersama ustaz Rohim di Gedung Landmark Bandung pada Senin (5/3/3018).

Buku setebal 140 halaman tersebut bercerita perihal pengalaman hijrah dan pemahaman ustaz Evie terkait Islam yang kerap disampaikannya dalam setiap dakwah massal. Untuk kemudian, serangkaian wacana tersebut dirangkum serta ditulis secara kolaborasi oleh ustaz Evie dan ustaz Rohim ke dalam sebuah teks berbentuk buku. 

"Buku ini adalah bagian dari ceramah ustaz Evie yang saya kemas dengan lebih nasional. Soalnya, ceramah ustaz Evie sering rasing atau rea (banyak) singkatan yang cenderung berbahasa Sunda. Maka saya sesuaikan agar lebih nasional," ujar ustaz Rohim kepada ayobandung di tempat dan waktu yang sama.

Generalisasi bahasa yang dimaksud memiliki tujuan agar tren kajian dan hijrah di kalangan muda dapat menular ke daerah di luar Kota Bandung. Seperti diketahui, tren hijrah memang tengah merambah muda-mudi Bandung. Tentu diharapkan fenomena tersebut tidak berhenti sebatas tren, tapi juga permanen.

"Semoga tren yang terjadi di Bandung menular ke tempat lain. Konsep dakwah Ustaz Evie memang lebih muda. Tidak apa-apa metal tapi tetap murottal," ujar ustaz Rohim.

Maka wajar jika buku terbitan Tangga Pustaka tersebut disajikan dengan menggunakan bahasa yang ringan dan populer, mengingat segmentasi pembacanya memang berasal dari kalangan generasi muda. 

Beberapa singkatan juga digunakan dalam buku Gapleh, seperti "Ikan Mas" yang berarti "Idolakan Nabi Muhammad, Anda Akan Sukses". Terlebih Tangga Pustaka juga memberikan bonus berupa audio dalam buku yang dibanderol seharga Rp 40.000 tersebut.

"Ini ikhtiar kecil untuk kami agar diakui sebagai umat Rasulullah. Semoga buku ini dapat menjadi tambahan ilmu dan rizki pemahaman. Karena buku melatih kesabaran," tutup ustaz Evie. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar