Buruan Manglayang Bebersih Sisa Banjir Bandung Selatan

  Minggu, 04 Maret 2018   Fathia Uqim
Komunitas Buruan Manglayang saat bebersih sisa banjir di Majalaya, Kabupaten Bandung, Minggu (4/3). (ayobandung/Fathia Uqim)

MAJALAYA, AYOBANDUNG.COM – Buruan Manglayang bekerja sama dengan Asosiasi Petani Kopi dan Java Preanger Coffee Community bergotong royong membersihkan sisa-sisa banjir di wilayah Bandung Selatan pada Minggu (4/3/2018). Aksi bebersih ini dilakukan di wilayah Majalaya dan sekitarnya.

Perwakilan Buruan Manglayang, Hadipras, berpikir jika ia dan penggiat kopi lainnya bisa bersama-sama membersihkan ruang dan fasilitas pelayanan publik di daerah terdampak banjir.

Hasil penjualan kopi keliling yang digelar beberapa hari lalu di sejumlah titik se-Bandung Raya jadi modal agenda bersih-bersih ini. Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli alat-alat kebersihan.

Nantinya, setelah proses bebersih rampung, alat-alat kebersihan yang digunakan sepenuhnya menjadi invetaris kelompok masyarakat di wilayah terdampak. Seperti kelompok Jaga Balai yang bergerak di bidang pendidikan dan kesiapsiagaan bencana, dan kelompok Garda Caah yang bergerak di penyelamatan wilayah Majalaya dan sekitarnya.

“Kegiatan ini menjadi harapan supaya meringankan beban dan memberikan suasana gembira kepada para korban.  Malam nantinya akan dilanjut pemutaran film Pelangi di Citarum karya Komunitas Buruan Manglayang ini,” kata Hadipras.

Buruang Manglayang  adalah komunitas yang peduli dengan lingkungan di daerah Manglayang. Mereka membeli lahan dan menjadikannya untuk penanaman kopi. Pembelian lahan tersebut bertujuan supaya terus mempertahankan lingkungan kaki Gunung Manglayang tetap asri dan terjaga. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar