Yamaha Aerox

Protes KPU, Ribuan Kader PBB Kabupaten Bandung Siap ke Jakarta

  Rabu, 21 Februari 2018   Hengky Sulaksono

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kader Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bandung menyatakan siap bertolak ke Jakarta jika diminta oleh Dewan Pimpinan Pusat PBB. Ribuan kader bakal dikerahkan sebagai bentuk aksi protes terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum.

"Kalau DPP memerintahkan kami untuk datang ke Jakarta, kami siap menurunkan ribuan orang kader untuk mendukung upaya hukum yang tengah ditempuh oleh DPP," kata Ketua DPC PBB Kabupaten Bandung, Nasrun Hudaya, Rabu (21/2/2018).

PBB menjadi salah satu partai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019 oleh KPU. Partai yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra tersebut, dianggap tidak lolos verifikasi faktual di Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat.

Lantaran keputusuan tersebut, Yusril melayangkan gugatan kepada KPU terhadap Badan Pengawasan Pemilu. Pangkalnya, Yusril tidak terima dengan keputusan KPU pusat yang tidak sesuai dengan KPUD Manokwari Selatan. 

KPUD Manokwari Selatan telah mengeluarkan berita acara jika partai tersebut dinyatakan memenuhi syarat. Namun keputusan tersebut dianulir dalam rapat pleno di KPU Pusat.

"Kami siap memperjuangkan apa yang menjadi hak partai kami. PBB adalah partai besar. Di Kabupaten Bandung, kami pada Pileg 2014 lalu memiliki 40 ribu suara. Meskipun kami tak punya kursi di parlemen," katanya.

Menurutnya, jajaran DPP dan seluruh DPW dan DPC di Indonesia bakal berjuang sekuat tenaga mempertahankan hak politik mereka. Dia mengharapkan agar KPU mengubah keputusannya sehingga PBB bisa terdaftar sebagai peserta pesta politik elektoral lima tahunan tersebut.

"Ini hak kami. Tentu saja akan kami perjuangkan. Berjuang sampai titik darah penghabisan supaya hak kami mengikuti Pemilu 2019 bisa dipulihkan," terangnya. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar