Keren, Sebentar Lagi Kamu Bisa Browsing Langsung Inbox Gmail

  Minggu, 18 Februari 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ilustrasi. (pixabay.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Google baru-baru ini menyatakan layanan e-mail miliknya, yakni Gmail, akan memakai teknologi terbaru yang bernama Accelerated Mobile Pages (AMP).

AMP kabarnya akan diterapkan oleh Gmail dalam waktu dekat di tahun ini.

Sebagai catatan, AMP adalah teknologi Google yang digunakan untuk lebih meringankan situs web. Sehingga nantinya siapapun yang membuka Gmail bisa mengakses lebih cepat dan akan lebih cepat dimuat melalui perangkat mobile.

Artinya, pengguna Gmail pun akan bisa melakukan browsing langsung dari inbox setiap akun e-mail yang dimilikinya.

Framework AMP dirancang bersifat terbuka (open source). Jadi para developer pihak ketiga, bisa leluasa mengembangkan berbagai fungsi baru terkait kemampuan browsing.

Sebagai contoh, saat pengguna membuka e-mail dari Pinterest, maka pengguna Gmail bisa langsung melihat aneka posting lalu meng-klik untuk melihat detil lebih jauh. Mirip dengan yang biasa dilakukan jika kita langsung membuka website pinterest sendiri. Namun ini bisa langsung diakses dari inbox Gmail.

Aakash Sahney, Product Manager Gmail menyatakan, jika dengan AMP berbagai tugas dapat dilakukan secara lebih mudah.

"Dengan AMP untuk Gmail, anda bisa melakukan reservasi di sebuah event. Atau mengisi kuisioner langsung dari email," ujarnya dikutip dari Digit.in

Google juga sudah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan. Selain Pinterest, Google juga sudah bekerja sama dengan Booking.com dan Doodle, untuk mengembangkan fitur baru Gmail yang dilandasi oleh AMP ini.

Developer aplikasi kini sudah bisa memperoleh preview AMP untuk Gmail. Caranya adalah dengan terlebih dulu mendaftar lewat Google.

 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar