Yamaha NMax

Cerita Imlek di Vihara Dharmaramsi

  Jumat, 16 Februari 2018   Fathia Uqim
Jemaah usai bersembahyang di vihara Dharmaramsi. (Fathiq Uqim/ayobandung)

CIBADAK, AYOBANDUNG.COM -- Perayaan Imlek di Vihara Dharmaramsi berlangsung khidmat. Hingga Jumat (16/2) siang sekitar pukul 11.00 jemaah masih hilir mudik bersembahyang di vihara yang terletak di Gang Luna, Jalan Cibadak.

Sebelumnya pada pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB masyarakat sekitar disuguhkan atrakasi barongsai. Musik bertabuh kencang dan lilin-lilin merah menjulang terus membakar. Kepulan asap dibubarkan oleh kipas angin yang berputar di atap gedung vihara. 

Tidak hanya jemaat Vihara Dharmaramsi, masyarakat lain pun terlihat menikmati perayaan imlek di vihara tersebut. Mereka berfoto dan berinteraksi dengan salah seorang pengurus vihara, Asikin namanya. 

Lelaki yang ditandai kerutan di wajahnya masih segar dan ceria melayani pengunjung yang bertanya. Ia menceritakan perihal imlek dan tradisi Tionghoa kepada remaja yang datang. Sesekali ia diberi salam oleh umat yang telah selesai melaksanakan sembahyang. 

Hingga pada akhirnya saya menghampiri dan bertanya soal perayaan Imlek.

"Imlek itu tahun baru juga. Sama seperti tahun baru internasional tanggal 1. Imlek juga tanggal 1 di penanggalan lunar. Tidak dikaitkan agama," ujar Asikin, koordinator Vihara Dharmaramsi kepada ayobandung, Jumat (16/2/2018). 

Setiap orang berdoa dan bersembahyang memohon keselamatan kepada leluhur. Menurut Asikin, umat berhak untuk mengunjungi berbagai vihara. Bebas sesuai keinginannya karena memiliki aspek spiritual masing-masing.

"Targetnya ya pasti ingin sehat, aman, keluarga sejahtera," ujar lelaki yang memakai baju merah disertai tulisan Vihara Dharmaramsi. 

Sesuai tradisi perayaan imlek, sebelum umat pergi ke vihara biasanya keluarga merayakan di rumahnya masing-masing. Mereka sembahyang ke leluhur yang sudah tiada supaya didoakan. 

Soal persiapan, Asikin mengaku telah mengirimkan surat kepada pihak kepolisian tiga bulan sebelumnya.

"Tentu ketika kita akan mengadakan acara besar yang mengundang banyak orang harus lapor ke pihak kepolisian," kata Asikin.

Pengelola Vihara Dharmaramsi sudah memulai persiapan imlek jauh hari. Misalnya dengan membersihkan tempat lilin dan alat-alat sembahyang lainnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar