Yamaha Aerox

Bupati Imas Susul Ojang dan Eep Terlibat Kasus Hukum

  Rabu, 14 Februari 2018   Andri Ridwan Fauzi
Ilustrasi. (Antara)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih kembali menambah deretan kepala daerah yang berurusan dengan hukum. 

Khusus untuk Kabupaten Subang, kasus kali ini bukan yang pertama kali. Bahkan, Imas menambah daftar panjang Bupati Subang yang tersandung kasus hukum mengikuti jejak dua pendahulunya.

Seperti diketahui, Subang menjadi buah bibir saat  Bupati Subang periode 2008-2013, Eep Hidayat ditetapkan menjadi tersangka karena diduga telah menerima aliran dana Upah Pungut (UP) sebesar Rp 2 miliar tahun 2005-2008 pada periode pertama jabatannya.

Pengadilan Tipikor Bandung memvonis bebas Eep pada tahun 2011. Tapi di tingkat Kasasi, Mahkamah Agung menganulirnya 
dan menjatuhkan hukumanlima tahun penjara kepada Eep dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan penjara. Selain itu Eep, diajibkan mengembalikan uang negara Rp 2,5 miliar.

Setelah itu, Ojang Sohandi yang menjadi wakil Eep akhinya dilantik menjadi Bupati Subang. Pada periode selanjutnya, 
Ojang maju di Pilbup Subang berpasangan dengan Hj. Imas Aryumningsih dan memenangkan kontestasi tersebut.

Namun Ojang tidak bisa mengambil pelajaran setelah ditangkap KPK dalam kasus suap kepada Jaksa yang menangani kasus 
korupsi penyalahgunaan anggaran dalam pengelolaan dan kapitasi pada program jaminan kesehatan nasional tahun anggaran 2014 di Dinkes Subang dengan tersangka Jajang Abdul Holik selaku Kabid Pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Subang.

Ojang menerima sejumlah aliran dana dengan jumlah miliaran rupiah. Ojang Sohandi dinyatakan berhasil oleh pengadilan dan divonis selama 8 tahun dengan denda sebesar Rp 300 juta, subsider 4 bulan penjara.

Kemudian, tampuk pimpinan Kabupaten Subang beralih kepada Imas Aryumningsih. Imas dilantik oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Kamis (8/6/2017) lalu.

Baru delapan bulan menjabat, Imas mengikuti jejak Eep dan Ojang. Imas dikabarkan terkena OTT bersama 7 orang lainnya di Subang, Selasa (13/2/2018) malam.
 
"Dari kegiatan tadi malam, diamankan delapan orang termasuk kepala daerah di Subang, kurir, swasta, dan unsur pegawai setempat," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah seperti dilaporkan Antara, Rabu (14/2/2018).
 
"Tim mengamankan sejumlah uang," kata Febri tentang operasi berkenaan dengan kewenangan perizinan itu.
 
Ia mengatakan delapan orang yang sudah diamankan dibawa ke gedung KPK untuk diperiksa. "Mengacu ke KUHAP, KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk penentuan status pihak-pihak yang diamankan tersebut," katanya.
 
KPK belum mengungkap orang-orang yang ditangkap dalam operasi di Subang, namun ada kabar yang beredar bahwa operasi itu juga menjaring Bupati Subang Imas Aryumningsih, yang mengikuti Pilkada Subang 2018 bersama Sutarno.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar