Yamaha Aerox

Pencanangan Dimulai, Selangkah Lagi Bandung Punya Metro Kapsul

  Senin, 12 Februari 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Purwarupa Metro Kapsul di halaman Masjid Agung Kota Bandung. (ayobandung/Eneng Reni)

DALEMKAUM, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah Kota Bandung mencanangkan proyek moda transportasi modern berbasis rel atau light rapid transit (LRT) berupa pembangunan Metro Kapsul. Kendaraan ini digadang-gadang dapat mengatasi permasalahan transportasi massal di kota ini.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyebutkan jika pencanangan ini dimaknai sebagai momentum mengawali rangkaian pembangunan LRT di Kota Bandung. “Pencanangan itu kami mengumpulkan semua proses dimulai sejak turunnya surat izin dari Kemenhub. Makanya tadi ada seremoni penyerahan bahwa ini sudah berizin,” ujarnya usai meresmikan pencanangan Metro Kapsul Bandung, Senin (1/2/2018).

Pencanangan Metro Kapsul dilakukan di Jalan Dalem Kaum, Bandung, dengan menampilkan purwarupa Metro Kapsul Bandung di halaman Masjid Agung Kota Bandung. Metro Kapsul menawarkan berbagai keunggulan, di antaranya memiliki radius belok yang kecil sehingga mampu bermanuver di dalam kota. Selain itu, biaya investasi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan tipe kereta ringan lain.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan jika pembangunan Metro Kapsul tidak mengandalkan anggaran APBN maupun APBD. Namun, memanfaatkan modal investor dan pinjaman perbankan. Selain itu, ada pembiayaan dari BUMD yang akan mendapat manfaat tambahan dengan terkoneksinya aset-aset oleh Metro Kapsul Bandung, yaitu PD Pasar Bermartabat.

Kini, pihaknya tengah menunggu finalisasi izin mendirikan bangunan (IMB). "Untuk groundbreaking stasiun-stasiun itu juga masih butuh IMB," sambung Emil. 

Proyek LRT Bandung akan dimulai di titik koridor tiga atau tengah kota sepanjang 8,5 kilometer yang akan melintas di pasar-pasar di tengah pusat kota.

"Tahap satu 8,5 kilometer ini mungkin akan memakan waktu 1,5 tahun. Jadi mungkin secara resmi akan diresmikan wali kota berikutnya. Biarkan sejarah mencatat saya yang melahirkan dan mencari upaya dari posisi yang mahal dan tidak mungkin menjadi mungkin atas segala doa dan upaya," jelasnya.

Di lokasi yang sama, Direktur PT PP, Lukman Hidayat menyebutkan, rencana pembangunan LRT Metro Kapsul baru terintegrasi sepanjang 8,5 kilometer. Koridor tiga ini berawal dari Stasiun Hall Jalan Oto Iskandar Dinata, Dalem Kaum, Dewi Sartika, Pungkur, Buah Batu, Palasari, Jendral Ahmad Yani, dan kembali ke titik awal pemberangkatan, Stasiun Hall. 

"Koridor tiga memiliki 11 terminal pemberhentian. Kami pun melibatkan kerja sama dengan PD. Pasar karena beberapa terminal ada di wilayah PD Pasar," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar