Enam Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

  Jumat, 09 Februari 2018   Arfian Jamul Jawaami
Sheffield FC. (Wikipedia)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Real Madrid dan Barcelona boleh tertawa karena hingga kini masih menjajah dunia dengan prestasi. Namun, jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena tanpa keenam klub berikut maka El Classico tidak akan pernah berlangsung.

Inggris memang punya peranan penting dalam sejarah sepak bola. Soalnya keenam klub tertua di dunia semuanya berasal dari Britania Raya. Berikut ayobandung sajikan enam klub tertua di dunia.

 

Stoke City
The Potters kini tengah berjuang untuk dapat keluar dari zona degradasi English Premier League. Publik Stoke on Trent tengah dirudung galau. Alhasil, Mark Hughes dipecat dan kursi kepelatihan dipegang oleh pria asal Skotlandia, Paul Lambert.

Namun, di balik kisah minor tersebut, nyatanya Stoke City merupakan satu-satunya klub tertua dalam daftar yang kini berlaga di kasta tertinggi sepak bola dunia. Berdiri sejak tahun 1863 dengan nama awal Stoke Ramblers Football Club. Namun, baru pada tahun 2006, Stoke City melakukan debutnya di English Premier League.

Notts County
Jika tidak ada Notts County, mungkin hingga saat ini Juventus masih mengenakan jersey feminin berwarna merah muda. Wajah Mario Mandzukic yang gahar akan nampak lucu dengan warna khas Hello Kitty. 

Klub asal Kota Nottingham tersebut memang jadi inspirasi Juventus ketika mengganti warna jersey menjadi hitam putih. Wajar saja, karena ketika Notts County tengah berjaya di tanah Inggris, Juventus hanyalah klub kemarin sore di Italia.

Notts County tercatat sebagai klub profesional pertama di dunia karena berdiri pada tahun 1862. Bahkan, di tahun 1888, Notts County menjadi salah satu dari 12 klub yang turut mendirikan liga profesional di Inggris.

Meski jadi yang paling tua, bukan berarti Notts County bergelimang prestasi. Tercatat, hanya Piala FA edisi tahun 1894 yang jadi prestasi terbaiknya. 

Kalah jauh dari prestasi klub seteru satu kota, Nottingham Forest telah menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali. Bahkan, sang fans, Juventus, kini justru jadi klub paling mengerikan di Italia. 

Worksop Town
Walau berada di urutan keempat, tapi hingga kini Worksop Town masih berstatus sebagai klub semi profesional. Berdiri pada tahun 1861 dan kini berlaga di kasta ketujuh Liga Inggris.

Satu-satunya prestasi terbaik yang berhasil diraih Worksop Town adalah berhasil menahan imbang Tottenham Hotspur tanpa gol saat gelaran Piala FA pada musim 1920.

Cray Wanderers
Bukan Arsenal atau Chelsea yang jadi klub tertua di Kota London. Predikat pertama justru dipegang oleh Cray Wanderers karena berdiri pada tahun 1860 oleh para pekerja imigran.

Namun, ketika para adik satu kota, semisal Tottenham Hotspur hingga West Ham United, telah mencicipi ketatnya English Premier League, Cray Wanderers justru masih betah berlaga di liga lokal Isthmian League Division One North.

Hallam
Hallam memang bukan klub tertua di dunia karena berdiri di tahun yang sama seperti Cray Wanderers. Namun, Hallam memiliki stadion tertua di dunia menurut Guinness Book of Records yakni Sandygate Road yang berusia lebih dari 210 tahun.

Kini, klub yang berbasis di Kota Sheffield tersebut masih berlaga di Northern Counties East Football League. Namun, Hallam pernah mengukir sejarah karena pada tahun 1867, mereka berhasil meraih Piala Youdan, turnamen sepak bola pertama di dunia.

Sheffield
Kota Sheffield memegang peranan penting dalam sejarah sepak bola dunia. Selain memiliki Hallam sebagai juara turnamen sepak bola pertama dan pemilik dari stadion tertua, kota tersebut juga menjadi tempat lahirnya klub pertama di dunia, Sheffield yang berdiri pada tahun 1857.

Predikat sebagai klub tertua juga telah diakui oleh FIFA. Bahkan, pada tahun 2004 lalu, FIFA memberikan penghargaan Order of Merit Award kepada Sheffield karena dianggap berkontribusi besar terhadap dunia sepak bola. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar