Yamaha Aerox

Tips Merawat Kucing untuk Pemula

  Jumat, 09 Februari 2018   Fathia Uqim
Salah satu kucing di Cats and Ice Cream, Bandung. (ayobandung/Fathia Uqim)

DAGO, AYOBANDUNG.COM – Buat para pencinta kucing, apalagi baru memiliki kucing alias masih newbie, suka pada bingung, kan, bagaimana menghadapi si kucing? Dan, barangkali kamu juga bingung bagaimana merawatnya.

Kalau salah, mereka malah kabur dan mati. Enggak mau, kan, hal itu terjadi?

Nah, sekarang ayobandung merangkum beberapa tips merawat kucing untuk pemula. Fadilla Kusuma dari Cats and Ice Cream berbagi saran buat kamu.

 

Bersihkan telinga kucing 

Jangan sampai kamu melewati bagian telinga kucing yang sering kotor. Minimal, sekali dalam sepekan kamu harus membersihkannya. Kalau telinga kucingmu terasa cepat kotor, maka bersihkan dua kali dalam sepekan.

Jangan gonta-ganti makanan kucing

Usahakan untuk tidak mengganti merek makanan kucing. Jika merek A sudah cocok, jangan ganti ke yang lain. Soalnya ini bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan si kucing. 

Mandikan seminggu sekali

Kucing juga harus mandi supaya bersih. Pakailah sampo khusus untuk bulu kucing supaya tetap halus dan lebat. Jangan lupa keringkan badan kucingnya supaya tidak kedinginan, ya!

Perhatikan gejala sakit kucing

Kalau mata kucing ada kotorannya, artinya ia bakal terkena flu. Waspadalah, cat lovers! Selalu bersihkan dan segera amankan kucing kamu ke kandang supaya tidak menular ke kucing yang lain. 

Potong Kukunya

Potonglah kuku kucing sekali dalam sepekan supaya kuku mereka tidak tajam kalau mencakar. Selain itu juga biar kuku kucing tetap bersih dari berbagai kotoran.

Beri tuna dan vitamin

Agar kuat dan sehat, kucing kudu diberi makan tuna dan asupan vitamin.

 

Sebagai cat lovers, tentu kamu harus rela melakukan apapun demi kebaikan dan kesehatan si hewan lucu ini. Jika kucing sehat dan bersih, mereka juga bakal nyaman saat bermain dengan kita.

Selamat memelihara kucing, cat lovers!

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar