Yamaha NMax

Hindari Gigi Kuning dengan Menjauhi 5 Makanan Ini

  Kamis, 08 Februari 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Membuat gigi sehat bukan cuma dengan menjaga kebersihan gigi, tapi juga memilih makanan. Jika salah memilih makanan, bisa-bisa terjadi penumpukan noda dan menjadi plak gigi.

Merangkum dari Boldsky, ini makanan dan minuman yang harus dihindari agar gigi tetap putih dan bersih.

 

Kopi hitam dan teh

Lapisan gigi terluar memiliki pori, sehingga makanan cair mudah meninggalkan noda. Minuman yang mengandung senyawa polifenol ini dapat menyebabkan perubahan warna. Pigmen dari minuman berwarna gelap seperti teh dan topi bisa menempel di celah-celah gigi. Bahkan, jika dikonsumsi terus-menerus, akan meninggalkan noda kuning jika kamu tidak membersihkannya dengan benar.

Buah beri

Blueberry, blackberry, dan buah-buahan sejenisnya yang kaya akan antioksidan berpotensi meninggalkan noda pada gigi. Jenis buah-buahan ini mengandung pigmen dan dapat menodai gigi.

Minuman berkarbonasi

Minuman ini bersifat asam dan membikin gigi berwarna. Selain itu, minuman ini bisa merusak gigi. Jadi ada baiknya jika kamu membatasi konsumsi minuman berkarbonasi.

Wine

Sering mengonsumsi wine membikin gigi putihmu terlihat kusam. Tak hanya menyebabkan rongga di gigi, tapi wine juga bisa meninggalkan noda kecoklatan pada gigi. Selain itu, wine juga membuat warna gigi gelap karena kandungan asam yang dimiliki.

Cuka dan saus fermentasi

Cuka dan saus fermentasi bisa membuat gigi berubah warna. Jika tidak segera dibersihkan dengan sikat gigi, bekas warna dari bahan ini akan menumpuk dan mengubah warna gigi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar