Yamaha NMax

Orang Gila Cari Ustaz di Cinunuk, Polisi: Itu Hoax

  Jumat, 02 Februari 2018   Hengky Sulaksono
Polisi mengamankan satu orang gila yang dinilai meresahkan warga Cinunuk, Kamis (1/2) malam.

CINUNUK, AYOBANDUNG.COM -- Jagat sosial media sempat diramaikan dengan beredarnya gambar tangkapan layar sebuah unggahan di Facebook berisi informasi keberadaan dua orang gila di Cinunuk, Bandung, yang mencari ustaz di kawasan tersebut. Potongan gambar ini tersebar lewat aplikasi WhatsApp, Jumat (2/2/2018).

Dari tangkapan layar tersebut, terdapat beberapa potret seorang pria dewasa dengan kondisi tak terurus sedang mengisap sebatang rokok sambil terduduk di pinggir jalan. Pria yang tak mengenakan alas kaki tersebut disinyalir sebagai orang gila yang dimaksud.

Dalam keterangan foto, tertulis jika dua orang gila tersebut tengah berada di Desa Cinunuk. Satu di anatara mereka berhasil ditangkap dan diamankan warga, sementara yang lainnya disebutkan melarikan diri.

"Muncul malam, diawasi waktu subuh ke masjid. Ternyata mereka mencari DKM dan ustaz, langsung ditangkap warga dan ternyata membawa sajam," demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Cileunyi, Komisaris Polisi Dadan Suryana mengatakan kabar yang tersebar di media sosial tersebut merupakan hoax. "Itu hoax," kata Dadan singkat dalam pesan pendeknya kepada wartawan, Jumat (2/2/2018).

Walau demikian, Dadan mengaku sempat menerima adanya laporan dari salah seorang RW dan petugas keamanan yang dia terima Kamis (1/2/2018) malam. Dalam laporan tersebut, ujar Dadan, warga meminta bantuan kepolisian agar bisa membawa orang gila tersebut keluar dari kampung mereka.

"Ada juga cerita begini, di Manglayang ada RW, satpam lapor, pak ada orang orang gila. Memang benar tadi malam lihat. Orang itu sering masuk ke samping rumah segala macam dan memang kata warga sering begitu, terus diamankan sama satpam, sama RW," ujar Dadan.

Keterangan Dadan, tidak ada indikasi jika orang gila yang dimaksud hendak melakukan penyerangan terhadap ustaz maupun pengurus dewan kemakmuran mesjid seteempat.

"Enggak ada indikasi orang gila mau nyerang ke DKM.  Enggak tahu dari mana itu. Ini kan dikait-kaitkan yang di Cicalengka, yang Persis (Cigondewah)," ujar dia.

Dadan mengatakan keberadaan orang gila di Cinunuk tidak berhubungan dengan kasus penyerangan terhadap ulama di Cicalengka dan Cigondewah. Dia juga mengimbau agar masyarakat tak mudah terpancing dengan kabar-kabar yang berpotensi meresahkan.

"Jangan mudah terpancing. Kan nanti kalau orang gila pada digebukin sama warga kasihan juga. Memang opininya sudah terbentuk seperti itu. Makanya hoax itu, kan, orang tidak bisa dipercaya. Penginnya ribut aja, penginnya resah aja warga," kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar