Yamaha Aerox

Yuk, Berburu Barang Bekas di 5 Pasar Loak Ini

  Jumat, 19 Januari 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM – Bingung mau ngapain di akhir pekan? Daripada nongkrong di kafe-kafe yang hiruk pikuk atau bermacet-macet ria menuju satu atau dua tempat wisata di ujung sana, mending coba memburu barang-barang bekas sampai puas.

Bisa dibilang Kota Bandung ini jadi salah satu surganya bagi kamu para pencinta barang bekas. Berbagai macam barang bekas, dari yang masih bisa digunakan hingga yang asyik buat cuma dijadikan pajangan ada. Mulai dari baju bekas, kaset bekas, tape bekas, kamera bekas, hingga barang-barang tak terduga lainnya.

Satu hal yang perlu kamu percaya. Memburu barang di pasar loak itu penuh dengan kejutan.

Makanya, yuk, coba kunjungi beberapa pasar loak di Bandung ini.

 

# Pasar Nostalgia, Batununggal

Pasar yang terletak di dalam Pasar Modern Batununggal ini disebut-sebut sebagai pasar barang antik terbesar di Indonesia. Pasar Nostalgia ini baru diresmikan pada Mei 2017 lalu. Baru satu tahun usianya.

Ada 60 kios pedagang yang menjual berbagai jenis barang antik di pasar tersebut. Mulai dari alat musik, barang-barang elektronik, bahkan hingga mebel. Tenang saja, harga yang ditawarkan tak terlalu bikin kantung kosong kok.

# Pasar Gedebage

Kalau yang ini namanya pasti sudah kesohor di kalangan para pelancong. Entah sudah berapa kali penulis mengantar kawan dari kota-kota seberang yang geregetan ingin berbelanja di Pasar Gedebage, Bandung. Wajar saja. Di sini tersedia berbagai pilihan produk fesyen secondhand yang jadi incaran banyak anak muda. Barang bekas, tapi stylish. Kira-kira begitu gambaran untuk Pasar Gedebage.

Pasar ini sebenarnya dulu terletak di Jalan Cibadak atau dikenal sebagai Cimol alias Cibadak Mol. Namun pada tahun 2000-an, Cimol berpindah ke Gedebage.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis outfit dari berbagai brand di sana. Mulai dari pakaian santai sehari-hari, pakaian formal, hingga pakaian pesta sekali pun. Ada juga tas kulit asli yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang jauh dari harga asli.

Sedikit saran saja, kamu harus pintar-pintar memilih ya di sana.

# Pasar Cihapit

Kalau yang satu ini terkenal dengan perangkat audio mobilnya. Memang, onderdil-onderdil mobil cukup mendominasi di Pasar Cihapit.

Namun, bukan berarti hanya onderdil mobil yang ada di sini. Namanya juga pasar loak, semua barang pasti ada. Di sini juga ada beberapa kios yang menjajakan kamera-kamera bekas, pemutar cakram padat, dan lain-lain.

Sedikit berbagi saja. Saking antiknya tempat ini, penulis bahkan pernah bertemu dengan satu boks kaleng yang berisikan kumpulan foto keluarga tempo dulu. Sekumpulan foto yang kemudian membikin kamu berimajinasi siapa mereka dan apa yang mereka lakukan di zamannya.

Konon, pasar loak ini telah hadir di bandung sejak tahun 1945. Lokasinya meliputi kawasan Jalan Cihapit, Cibeunying Utara, hingga ke Jalan Bengawan.

# Pasar Barang Bekas dan Antik Cikapundung

Kilau lampu, detak jarum jam yang tak begitu terdengar, susunan keramik, dan ornamen-ornamen lawas lainnya berjejer dan tertata rapi di lorong Pasar Barang Bekas dan Antik Cikapundung. Kalau kamu sedang beruntung, kamu bakal menyusuri lorong itu diiringi alunan musik blues dan jazz.

Kamu bisa bertemu memorabilia itu di pasar yang berada di Cikapundung Electronic Center, Lantai 3. Diresmikan sejak 2012, pasar ini menyediakan berbagai barang lawas yang kamu inginkan. Mulai dari jam weker ayam, furnitur lawas, kamera lawas, dan berbagai barang lainnya.

Di sini juga ada SubStore, toko bagi muda-mudi hype masa kini yang siap menjajakan barang-barang hobimu. Ada kaset, vinyl, buku bekas, bahkan kopi pun ada.

# Pasar Lilin, Tegalega

Jangan datang ke sini siang hari. Karena kalau kamu datang siang hari, namanya bukan Pasar Lilin. Buat apa menyalakan lilin di siang hari?

Yup, kamu perlu datang ke Pasar Lilin di malam hari. Serupa dengan namanya, pasar ini diterangi oleh cahaya lilin.

Tempat ini biasa jadi tujuan berbelanja, khususnya orang-orang yang doyan sama barang-barang bekas. Mulai dari baju, sepatu, hingga barang-barang bekas lainnya. Harganya juga ramah. Bahkan, kamu bisa menemukan kaus seharga Rp10.000, lho!

Silakan datang ke Pasar Lilin di Jalan Otto Iskandar Dinata, Tegalega, Bandung.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar