Yamaha Aerox

5 Komunitas Buku di Bandung yang bisa Manjakan Kutu Buku

  Kamis, 18 Januari 2018   A. Dadan Muhanda
Para pengunjung tengah membaca buku di perpustakaan Kineruku, Jalan Hegarmanah 52 Bandung, Kamis (18/1/2018) )

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM--Kalau sudah ngomongin hobi sih pasti setiap orang punya kegemaran yang berbeda-beda.

Menjalankan hobi adalah sesuatu hal yang paling disukai. Apalagi kalau hobi jadi pekerjaan kita. Salah satu kegemaran yang populer adalah membaca. Baik itu membaca novel, kumpulan puisi, hingga buku-buku ilmiah.

Buat kamu para pencinta buku, yang hobi banget membaca dan pengen ketemu orang-orang yang sama kaya kamu, di sini ayobandung sudah merangkum lima komunitas keren di Bandung yang bisa kamu ikuti. Mau tahu apa saja?

1.Pencandu Buku

Salah satu komunitas buat kamu yang kutu buku adalah Pencandu Buku. Komunitas ini adalah komunitas suka baca yang bisa dibilang terbesar di Bandung. Follower instagramnya pun sudah puluhan ribu. Komunitas bentukan Fiersa Besari ini dimulai sejak tahun 2014 di Pasirwangi , rumah Fiersa sendiri. Anggotanya tidak hanya dari Bandung saja. Mereka suka kumpul setiap hari Minggu mulai jam 13.00 WIB hingga waktu maghrib menjelang. Biasanya mereka diskusi bebas tentang sebuah buku.

Sistem rekrutmennya tergolong unik. Barang siapa yang mau jadi bagian dari komunitas ini, mereka harus mengirim ulasan buku yang belum diulas di komunitas tersebut tentunya. Atau, mereka bisa menyumbang buku.  

2.Asian African Reading Club (AARC)

Komunitas binaan Museum Konferensi Asia Afrika ini dapat dibilang memiliki konsistensi yang tinggi. Di komunitas ini mereka memiliki program tadarus buku. Agenda ini adalah membaca bersama khususnya buku sejarah mengenai nasionalisme, Asean, dan tokoh Asia Afrika. AARC berkumpul setiap hari Rabu pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB. Setelah tadarus buku, nantinya ada seorang pemantik yang akan memulai diskusi supaya anggota aktif.

3. Readers Squad

Readers Squad ini sebuah komunitas daring yang memiliki anggota terbanyak di Bandung. Komunitas ini pada dasarnya aktif sebagai bookstagrammer alias orang yang aktif meresensi buku di Instagram. Biasanya anggota ini mengadakan kopi darat dengan bergabung ke acara komunitas buku lainnya. Beberapa bulan lalu Readers Squad berkolaborasi dengan Komunitas Pencandu Buku untuk membuka lapak baca buku di Car Free Day.

4.Biblioforum

Komunitas ini dibentuk oleh seseorang bernama Taufik yang membutuhkan teman untuk berdiskusi soal buku. Lantas sejak September 2016 ia membentuk Biblioforum dan mulai mengadakan diskusi rutin soal sastra. Setiap bulannya mereka memiliki tema yang berbeda-beda. Misalnya, pada bulan April mereka membahas penyair. Bulan Mei membahas long short story atau karya sastranya Pramudya Ananta Noer. Minggu (21/1/2018) nanti mereka akan bahas soal Dilan dan karya-karya Pidi Baiq.

5.Hayu_maca

Komunitas yang bisa kamu ikuti kalau kamu orang Cimahi adalah Hayu Maca. Mereka berkumpul di  Taman Kartini Cimahi. Setiap hari Minggu, Hayu Maca membuka taman baca gratis. Konsep komunitas ini adalah kerelawanan. Karena sebagian besar koleksi bukunya adalah milik anggota. Kebanyakan pembaca bukunya adalah anak-anak.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar