Yamaha Aerox

Lima Makanan Jadul yang Mengingatkan Masa Kecil

  Rabu, 17 Januari 2018   Andri Ridwan Fauzi
Beberapa jenis jajanan tradisional. (Fathia Uqim/ayobanudng)

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM -- Sadar gak sih, kalau sekarang kamu semakin kurang update sama kue zaman ibu bapak kita? Klepon, putri mayang, ape, pancong, nah lho apaan tuh? 

Makanan-makanan itu semakin hari semakin tergerus inovasi manusia yang semakin kreatif. Hadirnya pisang nugget, thai mango atau berbagai menu makanan yang dibalut mozzarella kini lebih menggoda.

Nah, ayobandung telah merangkum makanan zaman old yang gak kalah enak dari makanan zaman now!

#Putu Mayang

Jajanan satu ini bentuknya seperti mie yang menyatu. Tapi bukan mie beneran ya, ini sih dari tepung beras dan tepung tapioka. Jajanan ini biasanya memiliki warna variatif seperti hijau, putih, atau merah.


#Klepon

Kalau jajanan yang satu ini, kayaknya masih agak hits dan masih banyak yang jualan. Dibuat dari tepung ketan dan tepung beras, diisi dengan gula merah lalu dibalut oleh kelapa parut. Kalau kamu makan, hati-hati gula merah cairnya akan keluar. Klepon ini dikenal dengan berwarna hijau dan berbentuk bulat,


#Getuk

Nah, jajanan yang terbuat dari singkong ini sungguh mudah jika kita mau membuatnya sendiri. Dibuat dari singkong yang dikukus dan diberi gula merah. Setelah menjadi adonan, kamu bisa membentuknya sesuai selera. Lalu ditaburi kelapa parut, supaya rasanya makin gurih.


#Ongol-Ongol

Makanan ini terbuat dari tepung sagu. Rebusan air gula dicampur dengan tepung sagu akan membuat adonan ongol-ongol. Jika sudah dingin dan mengeras, kita bisa bentuk menggunakan sendok makan dan dibaluri kelapa parut.


#Ali Agrem

Waktu kecil, kue ini juga disebut kue cincin. Soalnya berbentuk bulat, namun tidak sebesar donat. Rasanya manis karena terbuat dari gula merah. Bahan utamanya terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Mudah sekali jika kamu mau membuatnya sendiri. 

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar