Yamaha Aerox

Jarambah Priangan, Bawa Misi Setiap Berkemah

  Selasa, 16 Januari 2018   Fathia Uqim
Anggota komunitas Jarambah Priangan di basecampnya di Pameuntasan, Soreang, Kabupaten Bandung. (ayobandung/Fathia Uqim)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM – Awalnya hanya sekumpulan orang-orang yang doyan berkemah. Tapi siapa yang tahu jika kemudian Jarambah Priangan malah berkegiatan lebih dari sekadar berkemah? Tak hanya mencintai alam, tapi mereka selalu punya misi dalam setiap perjalanannya.

Jarambah Priangan (Japri) juga tak berjalan sendiri. Ia kerap berkolaborasi bersama komunitas-komunitas lain untuk menjalankan visinya. Sebut saja kerja samanya dengan komunitas hammocking Vertikal Ngaprax, Saung Kareueung, komunitas seni sunda, Gema Jabar Hijau, dan lain-lain.

Aep Nurjaman (40), pendiri Japri, tak menyangka komunitasnya sering diajak berkolaborasi. Soalnya saat ini Japri memang belum punya agenda rutin. “Untuk saat ini memang kami belum ada program rutin,” katanya ditemui ayobandung di markasnya di Soreang, Kabupaten Bandung, akhir pekan lalu.

Bersama Vertikal Ngaparax, Japri pernah berperan sebagai penyebar informasi untuk misi pemberian alat tulis. Jadi, siapa pun yang mau bermain hammock, harus mau dibayar dengan buku dan pensil. Selain itu, Japri juga pernah terlibat kegiatan penanaman pohon di kaki Gunung Cikuray bersama Gema Jabar Hijau.

Pada awalnya, Japri ini cuma sekumpulan orang-orang yang senang berkemah. Kegiatannya dulu dikenal dengan nama “Camping Care” atau biasa disebut “Kemcer”. Namun, mereka bukan sekadar Kemcer, tapi juga melihat potensi masyarakat yang bisa diberikan bantuan.

Sejak memulai kegiatannya pada Oktober 2016 lalu, kini Japri memiliki lebih dari 300 pengikut di media sosialnya.

Saat ini, Japri memiliki saung sebagai basecamp yang dibangun dari hasil iuran anggotanya. Aep lah yang mewakafkan tanahnya di Pameuntasan, Soreang.

Uniknya, karena Japri yang senang berkolaborasi, Aep membiarkan saungnya untuk digunakan juga oleh komunitas-komunitas lain seperti komunitas arkeologi Nalusur, Saung Kareueung, Tapas, dan lain-lain.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar