Yamaha Lexi

Mengintip Kesejukan dan Kenyamanan Masjid Maaimmaskuub

  Jumat, 12 Januari 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Masjid Maaimmaskuub di Kompleks PDAM Tirtawening, Kota Bandung. (Eneng Reni N Jamil/ayobandung)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah rampung direnovasi, Masjid Maaimmaskuub di Kompleks PDAM Tirtawening, diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Jumat (12/1/2018).

Masjid Maaimmaskuub menjadi salah satu sarana beribadah yang nyaman dan menjalin hubungan silaturahmi antara sesama umat muslim.

"Saya baru meresmikan masjid yang secara arsitektur dan lingkungannya paling sejuk, nyaman, dan keren. Jadi bukan hanya untuk keluarga besar PDAM, tapi selama muslim mau itu berkelompok atau perseorangan bisa memanfaatkannya untuk dakwah, kajian, dan lainnya," ujar Ridwan Kamil usai melaksanakan salat jumat yang sekaligus peresmian masjid, di Komplek kantor dinas PDAM Tirtawening Kota bandung, Jumat (12/1/2018).

Menurutnya, lingkungan PDAM Tirtawening Kota Bandung sangat asri karena didukung pohon-pohon dan tanah yang luas. Sehingga dengan keberadaan masjid Maaimmaskuub ini, akan menambah produktivitas para pegawai dan meningkatkan kinerja dalam melayani msyarakat. 

"Banyak pohon, luas, masjidnya bagus jadi kurang apa lagi? Karyawan PDAM ini, tinggal menunjukkan pelayanan publik dan produktivitasnya. Karena, orang-orang yang berkumpul ini memiliki aura kebahagiaan lahir batin. Tadi saya salat Jumat di atas saja sangat sejuk, sehingga ibadahnya sangat baik dan khusyuk," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi menyampaikan, fasilitas dan kapasitas masjid ini telah mengalami peningkatan di antaranya mampu menampung 1.000 jemaah serta memiliki fasilitas yang memadai. 

"Masjid sekarang lebih baik dan lebih besar dari yang dulu. Mudah-mudahan banyak memberikan manfaat untuk karyawan PDAM maupun warga sekitar," katanya. 

Masjid yang menghabiskan dana sebesar Rp 2,4 miliar itu pun dilengkapi sejumlah fasilitas. Di antaranya CCTV, sound system, karpet baru, dan kolam.  

Dijelaskannya, pemberian nama Masjid Maaimmaskuub digagas Direktur Utama PDAM Kota Bandung Edi Kurniadi di tahun 1984 lalu.  Maaimmaskuub berarti air suci yang mengalir terus menerus di surga.

Masjid seluas 566 meter persegi itu, didominasi warna putih dan biru yang teduh.  Bahkan di lantai dua terlihat ventilasi menggunakan rongga ukiran berwarna biru sehingga tampak cantik saat dilihat dari luar.

"Mudah-mudahan, nama dan yang menempel pada masjid ini pun jadi satu inpirasi dan kenyataan untuk PDAM agar bisa terus-menerus mengalirkan air kepada maasyarakat," terangnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar