Yamaha Mio S

Lindungi Data Pemilih, KPU KBB Perkenalkan Program Sidalih

  Jumat, 12 Januari 2018   Fajar Sukma

JALAN BUNGUR, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat memperkenalkan program Sistem Data Pemilih (Sidalih) kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Bandung Barat, Jumat (12/1/2018). Hal ini untuk menjamin keakuratan data pemilih.

Ketua KPU KBB, Iing Nurdin, mengatakan Sidalih merupakan sistem terobosan KPU pada periode lalu untuk memudahkan warga mengecek namanya sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum. Sidalih juga berfungsi untuk menghindari pemilih ganda.

"Warga  bisa memeriksa datanya di sidalih.kpu.go.id," katanya, Jumat (12/1/2018).

Dia menuturkan data pemilih merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan pemilu. Termasuk hasil akhir dari pemutakhiran dan penyusunan data pemilih (Mutarlih).

"Data ini penting, kalau dari awal tidak tepat dan tidak sesuai aturan maka hasilnya pun tidak akan sesuai harapan. Sehingga penting untuk disampaikan," ucapnya.

Menurutnya, peran penting PKK lainnya adalah bagaimana mereka bisa memonitoring PPS dan PPDP dalam mencocokan data pemilih.

"Sesuai aturan, Mutarlih Bandung Barat memiliki lima unsur pokok. Yakni, konfrehensif, akurat, valid, mutakhir dan mudah diakses," sebutnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar