Yamaha Aerox

Lima Tips Atasi Kesedihan dan Rasa Sakit

  Rabu, 10 Januari 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi. (Shutterstock)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sedih adalah suatu emosi yang sering dilanda manusia. Semakin bertambah usia, maka problema akan semakin besar. Tentu setiap orang berbeda-beda dalam menyikapinya. Apalagi kaum milenial yang sedikit-sedikit galau dan curhat di media sosial. Laper? Tulis di instastory. Dikhianati? Unggah foto sambil pakai caption panjang bahasa Inggris. Lelah? Curhat di twitter.

Terus, bagaimana sih cara kita menangani mereka?

1. Berhenti : Tidak semua orang membutuhkan sesi terapi untuk menangani kesedihan. Ketika rasa sulit muncul, biasakan untuk berhenti sejenak dan merasakan apa yang kau rasakan saat ini. Lihatlah keadaan fisik kita juga : apakah tenggorokanmu serasa tercekat? Apakah jantungmu berdetak lebih kencang? Apakah perutmu melilit? Kenali sensasi ini sebagai tahap yang penting

2. Ambil Nafas : Fokuskan pada helaan nafas alami kita saat ini. Hal ini membantu kita merasa tenang supaya  tidak terjebak dengan perasaan kita sendiri.

3. Renungkan : Jangan melawan perasaan. Sebagai gantinya, pikirkan mengapa kita takut, cemas, frustasi? Ini adalah suatu emosi yang alami. Kita bisa belajar apa sih yang memicu perasaan ini. Hal ini dapat mengatasi emosi kita secara efektif saat mereka muncul.

4. Duduk dan Berbaringlah : Ketika kita mendapatkan rasa sakit dan sedih yang muncul karena teman kita pergi tak mengabarkan, atau orang tua yang terus menuntut ini itu, maka duduk dan berbaring adalah solusi terdekat. Jangan berbuat dan berpikir macam-macam sebelum situasi di hatimu tenang. Karena saat itulah kondisi kita tidak stabil dan akan mengganggu aktivitas.

5. Hargai Sebuah Rasa : Bagaimanapun emosi yang muncul alamiah di diri kita adalah hal yang manusiawi, karena kesedihan adalah bagian dari pengalaman manusia. Tetap berhati-hati pada kerapuhan kita. Karena kekuatan yang nyata adalah bukan berpura-pura bahwa kita tidak sedih, tetapi sebuah keberanian untuk mengetahui bahwa kita baik-baik saja dengan keadaan ini.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar