Yamaha Mio S

Unik, Ritual Minum Kopi Tatakan Ini Bikin Ketagihan

  Kamis, 04 Januari 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Kopi Tatakan. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ngopi sudah menjadi tren dan gaya hidup di Indonesia. Semua kalangan masyarakat gemar melakukan "ritual" yang satu ini. Setiap kelas masyarakat pun punya cara tersendiri dalam menikmati minuman pahit berkafein ini.

Ada yang hanya bermodalkan gelas, air panas dan kopi dan menyeduh sendiri, tapi ada pula yang harus di tempat mewah dengan perlakuan yang 'manja' pada biji kopi oleh barista berkelas yang sudah tersertifikasi.

Namun, di salah satu kafe di pojokan Jalan Braga, ada menu kopi yang disajikan dengan cara unik. Tidak seperti biasanya, menu kopi ini disajikan di atas tatakan dan gelas kaca.

"Kopi Tatakan ini memang signature menu dari Myloc Coffe & Bistro. Menggunakan kopi arabika, menu kopi ini disajikan dengan cara terbalik menggunakan tatakan," ungkap Ibas selaku Operational Kordinator My Loc saat berbincang dengan ayobandung, Kamis (4/1/2018).

Dibanderol dengan harga Rp 25.000 per gelas, Ibas memberikan tips dua cara meminum si kopi terbalik ini. Pertama, dengan hati-hati mengangkat gelas dan tatakan tetap dalam keadaan terbalik, kemudian meminum kopi yang tertahan di antara pinggiran tatakan gelas dan celah-celah bibir gelas yang tertelungkup. 

Cukup berisiko untuk tumpah memang, namun jika diminum sedikit-sedikit dan tidak mengangkat gelas dari tatakan, maka akan tetap terjaga dan tidak tumpah.

Cara yang kedua, Ibas menyarankan, kopi Tatakan ini diminum dengan menggunakan sedotan. Jadi, air yang ada di sela bibir gelas yang tertelungkup bisa disedot untuk diminum. Lalukan Pelan-pelan biar dapat sensasinya.

"Slurrrrp, slurrpp," bunyi semacam itu tercipta kala kopi dinikmati. 

Para penikmat kopi pun tinggal memanfaatkan sedotan untuk menyesap air kopi dari tatakan gelas. Jika ingin minum lebih banyak, maka tiup dulu pinggiran gelas dengan sedotan, agar kopi meluber. Sangat unik dan tak biasa. 

"Menu kopi Tatakan ini juga dihadirkan biar bisa lebih nyatuin suasana kebersamaan kalau pengunjung datang ramai-ramai, jadi minumnya barengan. Soalnya gaya kopi tatakan ini kan cuman ada di indonesia khususnya Aceh dan Sumatra," ujar Ibas. 

Konon katanya, penyajian unik ini pun sudah dilakukan para peracik kopi Aceh Barat sejak zaman Teuku Umar, pahlawan Bumi Serambi Mekah yang kesohor berkat kegigihannya melawan Belanda pada abad 19 silam.

Bahkan lanjut perempuan berambut cepak itu, peracik kopi di Myloc pun rupanya memiliki cara tersendiri saat membalikkan gelas. Hal ini pun, tergolong kreatif dalam menikmati secangkir kopi. 

Omong-omong, cangkir kopi itu tak bisa asal dibalik. Ibas menyebutkan, sang barista harus pandai menata susunan kopi, susu kental manis, serta seduhan air. Pemanfaatan biji kopi itulah yang menarik. 

"Teknik membalikkan gelas itu bukan hanya sekadar sensasi, namun salah satu trik terbaik dalam mendapatkan saripati kopi," katanya. 

Untuk jenis kopinya, Myloc Coffee & Bistro ini lebih menonjolkan varian Arabika. Sebab kata Ibas, minat konsumen terhadap kopi Arabika meningkat dalam satu dasawarsa terakhir ini.

Tak ketinggalan sebagai teman ngopi, Kamu bisa menajajal Pie Apple laa Myloc yang manis nan gurih. Jadi ayo siapa yang penasaran minum kopi terbalik ini? Kuy merapat...

 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar