web analytics
Mitos atau Fakta, Wisata Curug Cinulang Bikin Putus Pacaran?
Oleh Fajar Sukma, pada 27 Dec , 2017 | 16:55 WIB
Mitos atau Fakta, Wisata Curug Cinulang Bikin Putus Pacaran?
Sejumlah pelancong bermain di sekitar Curug Cinulang, Kabupaten Bandung, Selasa (27/12). (AyoBandung/Fajar Sukma)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Entah mitos atau fakta, wisata Curug Cinulang sering dikaitkan dengan mitos putusnya hubungan dua sejoli jika berkunjung ke sana. Terlepas dari itu semua, keindahan Curug Cinulang yang melegenda ini tak terelakan lagi memang.

Tepat di momen libur akhir tahun, ratusan warga nampaknya tidak kapok-kapoknya mengunjungi wisata alam yang berlokasi di Cicalengka, Kabupaten Sumedang ini. Meski mitos merebak, nampaknya masih berjubel saja wisatawan sejoli yang datang ke lokasi ini.

Adalah Rizal Fernando (24), warga Cibiru Bandung, yang ingin membuktikan jika kabar soal dua sejoli itu hanyalah mitos belaka. Bersama pasangannya, Intan, ia tetap menikmati jatuhan air Curug Cinulang.

Bagi Rizal, mitos yang kerap terdengar itu laiknya sebuah tantangan. Ia merasa jika dirinya tak perlu mempercayai kabar seperti itu. Apalagi, tujuannya datang ke Curug Cinulang murni untuk wisata. Menikmati keindahan alam yang ada.

"Jodoh, mah, gimana Tuhan aja. Tidak ada pengaruhnya dengan wisata ke curug. Buktinya, masih banyak orang pacaran datang ke sini," katanya kepada AyoBandung, Selasa (26/12/2017).

Ia berharap, mitos itu memang tidak akan pernah terjadi. Sebab, ia berencana untuk menikahi kekasihnya pada 2018 mendatang. Apapun yang terjadi, baginya, murni kehendak Tuhan.

Senada dengan Rizal, Syamsudin (36), warga Garut, mengaku telah empat kali berkunjung ke Curug Cinulang. Ia menepis dengan tegas mitos tersebut. Sebab, justru dengan dibawa wisata ke sana, kini ia resmi menjadi suami dari kekasihnya yang pernah dibawanya ke Curug Cinulang.

"Saya sudah menjalani pernikahan selama 31 tahunan. Dulu waktu pacaran sering ke sini (Curug Cinulang). Buktinya, tidak terjadi apa-apa," ungkapnya.

Curug legendaris ini memang luar biasa keindahannya. Dengan tiket masuk yang relatif murah sekitar Rp 5.000, tak heran jadi tujuan favorit para wisatawan. Bagi yang suka dengan tempat-tempat wisata alam maka akan disayangkan jika belum melihat wisata air terjun Cinulang ini

Tempat wisata ini menghadirkan keindahan air terjun yang begitu memukau. Tak tanggung-tanggung ditempat ini pengunjung dapat melihat dua air terjun yang bersebelahan, hal inilah yang membuat tempat ini banyak diminati wisatawan.

Di sekitar air terjun masih terdapat banyak pepohonan sehingga suasana alami yang masih sangat terasa. Selain itu suara percikan air yang jatuh ke dasar kolam akan terdengar jelas seiring dengan derasnya air yang mengalir tiada henti.

Curug Cinulang berada di kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi. Curug ini memiliki dua terjunan air yang ketinggiannya hampir mencapai 50 meter.

Air terjun yang pertama adalah air terjun utama yang aliran airnya cukup deras. Sedangkan air terjun kedua berada 5 meter di sebelahnya dengan debit air yang tidak sebesar air terjun yang pertama.

Tak terlalu sulit untuk mencapai Curug Cinulang. Kamu bisa mengaksesnya melalui jalan tol. Keluar dari pintu Tol Cileunyi, teruskan perjalanan menuju Jalan Bandung-Garut. Setelah sekitar 11 kilometer, buat matamu awas karena petunjuk menuju Curug Cinulang mulai muncul. Tenang saja, di sana banyak ojek yang siap mengantarmu sampai Curug Cinulang.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600