web analytics
Nikmati Kesunyian Pesta Kembang Api dari Ketinggian di Tempat-tempat Ini!
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 26 Dec , 2017 | 15:13 WIB
Nikmati Kesunyian Pesta Kembang Api dari Ketinggian di Tempat-tempat Ini!
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam merayakan momen pergantian tahun. Mulai dari berkeliling kota sembari meniupkan terompet bersuara bising, meledakkan kembang api yang harganya aduhai, atau berkumpul bersama teman-teman terdekat di kawasan perbukitan seraya menikmati semburat cahaya kembang api di langit malam dari kejauhan. Yang terakhir sungguh menggoda.

Daripada macet-macetan di jalan karena bikin pantat pegal atau menghabiskan kocek seharga lebih dari lima porsi nasi goreng demi mendapatkan kembang api, menikmati kesunyian di pegunungan patut dicoba. Tanpa perlu bertemu dengan macet atau harus mengeluarkan kocek ratusan ribu yang bahagianya sesaat.

Carilah spot-spot pegunungan yang punya pemandangan langsung ke perkotaan. Berkemahlah barang satu atau dua malam di sana. Menikmati semangkuk mie rebus hangat yang nikmatnya hakiki. Bercengkrama bersama teman-teman sambil memetik gitar dan bernyanyi bersama. Atau bisa juga diselipi dengan sesi curhat tentang apa saja yang kamu rasakan selama tahun 2017. Lantas di dini hari, nikmatilah orkestrasi cahaya kembang api yang muncul dari bawah sana, yang keluar silih berganti.

Nah, sekarang giliran AyoBandung kasih kamu rekomendasi beberapa spot berkemah seru untuk nikmati tahun baru. Cekidot!

 

# Gunung Batu

Ini adalah tempat untuk melihat Bandung dan sekitarnya sejauh 360 derajat. Maka di malam pergantian tahun nanti, niscaya cahaya kembang api akan terlihat dari setiap sisi : kanan, kiri, depan, belakang. Kamu juga akan melihat puncak berbagai gunung yang mengelilingi Bandung. Bahkan di sini, kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus. Merasakan sunrise pertama di tahun 2018, begitu menggoda bukan?

Gunung yang merupakan bagian dari Patahan Lembang ini berada di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tak terlalu jauh dari pusat keramaian kota.

Dari Lembang misalnya, banyak moda transportasi yang bisa kamu pilih untuk menuju Gunung Batu. Paling gampang, gunakan saja ojek. Atau kamu juga bisa mengakses Gunung Batu dari kawasan Dago, Bandung. Ambil jalan menuju Dago Giri dan Lembang, lurus terus ikuti jalan sejauh 5,6 kilometer atau sekitar 33 menit lamanya. Buat matamu awas, karena Gunung Batu berdiri tegak di sebelah kirimu.

Tapi perjalan belum selesai. Kamu bisa parkir kendaraanmu di rumah-rumah warga yang ada di bawah. Lantas jalanlah menuju ke puncak Gunung Batu. Tak butuh waktu lama, hanya dengan 30 menit lantas kamu akan berada di puncak ketinggi 1.336 Mdpl.

Sumber foto : wisatakotalembang.com

# Puncak Bintang

Tempat ini jelas sudah tak aneh lagi didengar di telinga. Belakangan, nama Puncak Bintang memang kesohor di antara para pelancong. Selain mengejar panorama sunset, kawasan ini juga menawarkan kerlap-kerlim lampu perkotaan di bawahnya. Kamu bisa belihat Bandung mulai dari kawasan Cileunyi, Kota Bandung, Cimahi, Padalarang, hingga Lembang. Tak ayal, tempat ini bisa jadi pilihanmu yang ingin menikmati tahun baru dengan berkemah dan menyaksikan pesta kembang api dari kejauhan.

Sembari menunggu tahun baru, Puncak Bintang juga punya beberapa wahana yang bisa kamu nikmati. Misalnya saja mengikuti jalur trekking berkeliling hutan pinus di atas ketinggian 1.442 Mdpl sepanjang 2 kilometer atau sekitar 30 menit.

Tak sulit untuk menemukan lokasi Puncak Bintang yang terletak di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kamu bisa masuk melalui Jalan Padasuka (dekat dengan Terminal Cicaheum), sejalur dengan Saung Angklung Udjo. Dari sana, kamu harus menempuh perjalanan sepanjang 7,9 kilometer atau kira-kira selama 28 menit. Hati-hati karena banyak tanjakan ekstrem untuk menuju ke sana.

Untuk masuk ke lokasi, kamu bakal ditarik duit tiket sebesar Rp 15.000. Harga itu belum termasuk tarif berkemah sebesar Rp 20.000 dan parkir motor juga mobil yang masing-masing Rp 5.000 dan Rp 10.000.

Sebagai informasi, merayakan tahun baru, Puncak Bintang bakal turut menggelar pesta kembang api dari atas ketinggian 1.442 Mdpl.

Sumber : waktuku.com

# Wana Wisata Burangrang Selatan

Nama ini juga serupa dengan Puncak Bintang, belakangan lagi kesohor dengan sebutan Bukit Senyum-nya. Wana wisata ini berada di kaki Gunung Burangrang dengan ketinggi 1.300 Mdpl. Di sana ada pohon pinus yang berjajar rapi, perkebunan teh, luga lansekap perairan dan daratan di sekitar Wadung Saguling. Niscaya, tahun baru akan begitu romantis berayun di atas hammock sembari menikmati pesta cahaya kembang api dari atas.

Secara administrasi, wana wisata anyar ini terletak di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Alhasil, jika kamu berangkat dari kota, maka kamu butuh waktu agak lama untuk sampai di sana.

Kamu bisa mengaksesnya melalui Jalan Kol Masturi dengan jarak sekitar 19,3 kilometer yang kira-kira bisa ditempuh dalam waktu 60 menit. Lalu, di pertigaan sekolah polisi Cisarua, ambil jalur kiri dan arahkan kendaraanmu menuju Desa Cipada. Hati-hati mabuk darat, karena selain terus menanjak, jalanan menuju Burangrang Selatan ini juga penuh kelokan.

Untuk berkemah, kamu kudu mengeluarkan kocek seharga Rp 15.000 per orang. Dan tenang saja buat kamu yang tak ingin repot-repot membawa tenda, sleeping bag, hammock, dan perkakas kemah lainnya dari kota, soalnya pengelola Burangrang Selatan juga siap menyewakannya.

Sumber foto : tripadvisor.com

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600