web analytics
Gelaran Jabar Lautan Kopi 2017 Pecahkan Rekor Dunia
Oleh Fajar Sukma, pada 23 Dec , 2017 | 13:52 WIB
Gelaran Jabar Lautan Kopi 2017 Pecahkan Rekor Dunia

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Lewat gelaran Jabar Lautan Kopi 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhasil memecahkan rekor dunia dengan menampilkan lebih dari 1.000 barista dalam gelaran tersebut di Gedung Sate, Sabtu (23/12/2017). 

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Aher mengatakan melalui kopi, pihaknya ingin mengangkat potensi Jawa Barat ke kancah dunia. Sebenarnya, yang mendaftar lebih dari 4.000 barista. Namun, karena keterbatasan tempat akhirnya hanya menampung sekitar 1.000 barista.

"Di antara kegiatan-kegiatan yang digelar OPD, hanya event bertemakan kopi yang ketagihan untuk digelar kembali. Biasanya kegiatan-kegiatan lainnya paling hanya satu kali. Hal ini menunjukan kalau daya tarik kopi di Jabar sangat tinggi," katanya, Sabtu (23/12/2017).

Ia menuturkan selain jumlah barista yang memecahkan rekor. Waktu mengolah kopi pun berhasil dipecahkan. Sebab, ada tantangan untuk menggiling kopi dengan waktu hanya 30 detik. Itu berhasil dipecahkan secara serentak.

"Selain itu, kita juga melaunching benih kopi dan benih indigofera. Setidaknya ada 3 benih kopi jenis baru yang baru kita temukan," ujarnya.

Ia menyebutkan tiga benih yang baru ditemukan itu bernama kopi biji kuning, kopi pucuk hijau dan kopi pucuk coklat. Masing-masing punya ciri khas yang berbeda.

"Saya berharap, kopi ini tidak dijadikan agribisnis tapi agriculture. Jadikan minum kopi itu sebagai budaya. Sebab, ternyata punya manfaat yang banyak," ujarnya.

Ia menyatakan kopi yang baik itu adalah yang digiling bukan yang digunting. Sementara, kopi yang sehat itu tidak ditambahi gula.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600