web analytics
3 Juta Orang Akan Bela Palestina di Jakarta Besok
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Dec 16, 2017 | 18:57 WIB
3 Juta Orang Akan Bela Palestina di Jakarta Besok
Ilustrasi: Aksi bela Palestina di Kota Bandung Jumat (15/12/2017)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 3 juta orang akan beramai-ramai mendatangi Tugu Monumen Nasional atau Monas di Jakarta pada Minggu (17/12/2017).

"Jumlah massa yang hadir diperkirakan sebanyak 3 juta orang. Karena dalam aksi kali ini, semua pihak sepakat," ujar Ketua Umum GNPF Ulama, Bachtiar Nasir saat jumpa pers di AQL Islamic Center, Jakarta, (16/12).

Para tokoh ulama, politisi, dan masyarakat dari berbagai daerah akan berdatangan mengikuti aksi bertajuk 'Bela Palestina'. Dikabarkan sejumlah warga asing turut serta dalam aksi tersebut.

"Warga negara tetanggga seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura sudah menyatakan hadir dan ikut. Palestina juga mengirimkan apresiasi atas aksi ini," tambah Bachtiar. 

Aksi dilakukan untuk mengutuk pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang klaim ibu kota Israel, Yerusalem. Klaim tersebut menyakiti nurani segenap negara, terlebih umat muslim. 

Ia mengatakan aksi tersebut akan dilaksanakan dengan damai. Berbagai persiapan telah dilakukan, meliputi penyiagaan tim kesehatan, keamanan, serta izin menggelar aksi.

Perwakilan Majelis Ulama Indonesia, Ma'ruf Amin mengatakan aksi tersebut terbilang penting. Pembelaan Palestina sebagai negara yang telah banyak direnggut hak asasinya merupakan langkah diplomasi yang dilakukan Amerika Serikat selama ini salah. 

"Momentum ini akan kami gunakan untuk memanjatkan doa. Atas berbagai musibah yang terjadi di negeri ini. Kami juga akan mendoakan umat Islam yang terus berjuang di mana-mana seperti Palestina, Yaman, Suriah, dan Myanmar," kata Ma'ruf. 

Di samping itu, massa aksi akan membuat sebuah petisi tentang penolakan klaim Yerusalem kepada Duta Besar Amerika.

"Aksi besok adalah gerakan kesatuan umat Islam, bangsa Indonesia bersatu bela Palestina. Kami mengajak kelompok lain, agama, dan sebagainya untuk bersama-sama menyampaikan aspirasi," jelasnya Ma'ruf.

Sebagai informasi, massa aksi Bela Palestina besok hari akan berkumpul sejak pagi di Jakarta. Seperti rangkaian aksi-aksi sebelumnya, barisan yang dipimpin oleh Bachtiar Nasir tersebut akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk selanjutnya mendatangi Monas.

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600