web analytics
Siaga Dinsosnangkis Buru Penyalur Pengemis di Kota Bandung
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada Dec 12, 2017 | 20:12 WIB
Siaga Dinsosnangkis Buru Penyalur Pengemis di Kota Bandung
Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung Tono Rusdiantono saat dijumpai awak media di Taman Sejarah, Bandung, Selasa (12/12). (AyoBandung/Eneng Reni)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung mengendus adanya upaya penyaluran Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yakni para pengemis yang terorganisir dari luar Kota Bandung.

Kepala Dinsosnangkis Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengatakan, dari hasil penelusuran, didapat fakta bahwa para pengemis yang beroperasi di sekitar kota Bandung, terutama saat akhir pekan dan hari libur, banyak berasal dari luar kota Bandung.

"Dari luar kota banyak sekali. Kadang-kadang koordinatornya suka menurunkan PMKS ini di beberapa titik. Saya sering lihat di Kiara Condong, Pasir Koja, atau Pasteur," ujar Tono kepada wartawan di Taman Sejarah, Bandung, Selasa (12/12/2017). 

Menurut Tono, usai diturunkan, mereka yang diduga kuat para pengemis itu kemudian diangkut menggunakan mobil bak terbuka dan diturunkan di daerah operasinya masing-masing untuk mengemis dan memelas iba kepada para pengguna jalan Kota Bandung. 

"Bahkan di hari Jumat misal kalau saya lewat Kiara Condong, ada satu mobil bak terbuka khusus yang menurunkan PMKS. Ternyata setelah diselidiki diturunkannya menggunakan kereta api, bahkan ada yang dari Tasik, Garut, hingga Jawa," katanya. 

Kendati sudah mengantongi beberapa bukti yang cukup kuat, namun hingga saat ini pihaknya belum bisa melakukan penindakan tegas secara langsung. Pasalnya, Tono merasa dirinya belum terlalu banyak mendapatkan bukti akurat.

"Koordinator sudah pasti ada. Tapi upaya dari kita pun harus berupa operasi tangkap tangan (OTT), harus ada buktinya. Kalau hanya menuduh tidak ada bukti juga susah," ujarnya. 

Sementara untuk menindaklanjuti perilaku nakal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Bandung untuk menggelar razia para PMKS. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan meminta bantuan TNI dan polisi untuk bersama melakukan tindakan tegas berupa operasi terpadu. 

"Jadi nanti minta bantuan TNI, Satpol PP, dan kepolisian untuk merazia mereka-mereka yang membawa PMKS ke Kota Bandung," katanya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Nmax Socmed Ayo Bandung 160x600