web analytics
Timnas akan Uji Coba Lawan Islandia Januari 2018
pada Dec 06, 2017 | 18:41 WIB
Timnas akan Uji Coba Lawan Islandia Januari 2018
Timnas Indonesia U-23 mengikuti latihan menjelang pertandingan dengan Mongolia pada turnamen internasional Aceh World Solidarity 2017 di Banda Aceh, Aceh, Senin (4/12/2017). (PSSI/org)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Tim Nasional Indonesia dipastikan akan bertanding melawan Timnas Islandia, yang merupakan peserta Piala Dunia 2018, pada 14 Januari 2018.

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Pengembangan Bisnis Marsal Masita mengatakan pertandingan yang rencananya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, itu akan dijadikan sebagai ajang persiapan menuju Asian Games 2018. 

"Timnas Islandia akan menyertakan para pemain utamanya kecuali yang bermain di Liga Inggris," kata Marsal di Kantor PSSI, Jakarta, Rabu. 

Karena berkaitan dengan persiapan ke Asian Games 2018, Marsal mengatakan, Indonesia akan menurunkan timnas U-23 ditambah pemain senior yang dilatih oleh Luis Milla pada laga 14 Januari 2018.

Timnas Islandia akan melakoni dua laga selama berada di Indonesia. Selain berhadapan dengan timnas Indonesia, anak-anak asuh Heimir Hallgrimsson akan bertanding melawan tim Indonesia Selection pada 11 Januari 2018.

Laga tim Indonesia Selection vs timnas Islandia tidak akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Menurut Marsal, ada beberapa pilihan stadion yang disiapkan, di Jawa Tengah maupun di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. 

Indonesia Selection merupakan skuat beranggotakan 30 pemain pemain Indonesia pilihan masyarakat yang bermain di Go-Jek Traveloka Liga 1.

"PSSI akan membuka voting bagi masyarakat mulai 12 Desember 2017 melalui laman daring maupun media sosial. Untuk pelatihnya tidak divoting, tetapi dipilih yang dianggap terbaik di Liga 1. Idealnya memang pelatih juara Liga 1 Bhayangkara FC," tutur Marsal, merujuk pada pelatih Bhayangkara Simon McMenemy. 

Promotor laga Indonesia versus Islandia, Mediapro Asia, menyatakan akan mendukung penuh pertandingan tersebut karena Indonesia memiliki pasar sepak bola yang luas dengan jutaan penggemar. 

"Gairah sepak bola di Indonesia begitu besar. Oleh karena itu kami menjamin pertandingan di bulan Januari akan berjalan menarik karena Islandia juga datang dengan keinginan mempersiapkan tim untuk ke Piala Dunia 2018," kata Direktur Mediapro Asia Lars Heidenreich. 

"Coaching Clinic"

Di samping bertanding, selama di Indonesia tim Islandia akan melakukan kegiatan seperti coaching clinic untuk pemain muda, lokakarya pelatih dan berbagi pengalaman dengan manajemen liga di Indonesia. 

"Kegiatan itu akan digelar pada 12 dan 13 Januari 2018 di Jakarta," kata Marsal. 

Islandia juga dipastikan akan membawa legenda sekaligus pencetak gol terbanyak sepanjang masa, Eidur Gudjohnsen, ke Indonesia untuk berbagi pengalaman. 

Selain Gudjohnsen, ada satu nama bintang lain yang juga akan turut serta, tetapi PSSI belum memastikan siapa. 

Timnas Islandia merupakan timnas dari negara dengan populasi penduduk terkecil yang pernah lolos ke putaran final Piala Dunia. Negeri Nordik ini warganya sekitar 300.000 orang, bahkan jauh lebih kecil dari penduduk Kabupaten Tangerang di Indonesia yang sampai 3,5 juta orang. 

Di peringkat FIFA terkini, Islandia berada di posisi 22, sementara Indonesia bertengger di posisi 154.

Pertandingan Islandia versus Indonesia hanya laga persahabatan internasional yang tidak masuk dalam kalender FIFA sehingga apapun hasilnya tidak akan berpengaruh pada peringkat FIFA.  

Source: Antara

Editor : A. Dadan Muhanda
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600