web analytics
Cara Ampuh Mengobati Gusi Berdarah
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Nov 23, 2017 | 13:20 WIB
Cara Ampuh Mengobati Gusi Berdarah
Ilustrasi mulut.(PIxabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Bangun di pagi hari setelah tidur nyenyak merupakan hal yang sangat bahagia.

Tapi, rutinitas sehari-hari ini tiba-tiba berubah menjadi mimpi buruk saat Anda melihat adanya darah di sikat gigi. Sebagian besar orang menganggap tidak serius dengan hal tersebut.

Tidak merawat secara teratur kebersihan mulut dapat menyebabkan infeksi pada gusi yang dikenal sebagai gingivitis atau lebih umum lagi, gusi berdarah.

Gingivitis disebabkan saat terjadi wabah formasi di mulut. Bila wabah tidak dibersihkan melalui penyikatan biasa, bakteri akan tumbuh dan menyebabkan gusi membengkak dan berdarah. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan dan harus segera diobati.

Jika tidak diobati, hal itu dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius yang disebut periodontitis, yang merupakan kondisi di mana orang bahkan dapat kehilangan gigi mereka.

Berikut beberapa pengobatan di rumah yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengelola gusi berdarah seperti dilansir Boldsky, Kamis (23/11/2017):

Pembilasan Air Garam

Garam merupakan obat alami yang digunakan untuk mengobati segala jenis infeksi di mulut. Ini merupakan anti-inflamasi dan antiseptik kuat, yang akan segera membunuh bakteri penyebab masalah dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Kumur dengan 1 sendok teh garam dicampur ke dalam segelas air dalam sehari untuk mendapatkan kelegaan dari pembengkakan.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint sangat efektif dalam mengobati sejumlah penyakit gusi dan merupakan bahan dalam produk kesehatan mulut. Ini secara efektif membunuh bakteri jahat di mulut dan mengurangi pembengkakan. Teteskan minyak peppermint langsung ke gusi untuk menghilangkan rasa sakit di gusi.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan anti bakteri yang kuat. Ini membantu mengobati kerusakan gigi dan melawan pembentukan wabah, penyebab utama radang gusi. Hal ini juga memberikan nafas segar. Buatlah pasta bubuk kayu manis segar dengan air dan pijat ke gusi. Biarkan selama 2 menit dan bilas. 

Susu

Produk susu kaya kalsium, yang bagus untuk tulang. Kalsium membantu menyegel celah di gusi tempat bakteri tumbuh. Ini akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan segera. 

Minyak Lavender

Minyak lavender merupakan anti-bakteri yang baik. Memijat minyak lavender di gusi akan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut dan mengurangi pembengkakan.

Calendula

Bunga calendula dikenal dengan manfaat penyembuhannya. Ini adalah anti-inflamasi dan anti-parasit yang baik dan mengurangi penumpukan wabah. 

Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan obat yang sangat kuno yang digunakan untuk kebersihan mulut lebih baik. Ambil setengah sendok teh minyak wijen ke gusi.

Makan Makanan Renyah Seperti Wortel

Mengonsumsi sayuran mentah membantu menguatkan gigi. Mereka juga membantu mencegah bau mulut. Sayuran mentah mengandung vitamin C dan D dalam jumlah tertinggi, yang diketahui dapat mengurangi terjadinya gingivitis. 

Source: Boldsky

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600